nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Blogger Nasional, Ini Sejarahnya di Indonesia

Dini Listiyani, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2015 15:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 10 27 207 1238886 hari-blogger-nasional-ini-sejarahnya-di-indonesia-AlLDuDXL8l.jpg Ilustrasi (Foto: Google Plus)

JAKARTA - Blogger atau orang yang gemar menulis melalui media blog, kian marak belakangan ini di Indonesia. Bahkan tak jarang dari mereka yang menjadikan kegemarannya menulis di blog ini sebagai peluang membuka untuk berusaha.

Sebutan blogger sendiri berasal dari dari Prya Labs, aplikasi web yang bisa menggabungkan pengelolaan proyek, kontak, dan daftar tugas. Pada 1999, Prya diubah menjadi Blogger dan layanan ini disebarkan pada Agustus 1999, meskipun masih dalam tahap pengujian. Sedangkan pada 2002, Blogger dibuat ulang untuk penawaran pada perusahaan lainnya dan perusahaan pertama yang ditawarkan adalah Globo dari Brasil.

Untuk di Indonesia, menurut Enda Nasution, pria yang dijuluki sebagai “Bapak Blogger Indonesia” ini perkembangan blog di Indonesia dibagi menjadi tiga generasi. Generasi pertama terjadi pada 1998-2001, dan biasanya berkumpul di mesin msn.or.id. Menurut cerita Enda di blog-nya enda.goblogmedia.com, pada 2001 itu blogger Indonesia masih bisa dihitung dengan jari.

Generasi kedua mulai 2001-2002. Di era inilah, mulai bermunculan blog ke permukaan dengan inovasi-inovasi yang banyak orang lakukan dengan blog. Misalnya saja blog audio (podcast), blog fotografi yang kemudian disusul dengan blog video (vlog). Selain itu di generasi ini juga muncul banyak blogger seperti blogbugs (Indonesia), bbv.r.id (Bandung), angkringan (Jogja), tukanglenong (Jakarta).

Selanjutnya generasi ketiga dimulai pada 2004 sampai hari ini. Pada generasi ketiga ini, mulai banyak blog kedua atau ketiga dari blogger yang sebelumnya sudah memiliki blog jurnal. Tool yang digunakan misalnya saja wordpress, demikian informasi dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Selasa (27/10/2015).

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini