Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Indonesia, Project Loon Tidak Cocok Jadi Solusi Permanen

Advent Jose, Jurnalis · Rabu 04 November 2015 00:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 11 03 207 1243016 di-indonesia-project-loon-tidak-cocok-jadi-solusi-permanen-QlOQhJ0WKW.jpg ilustrasi (foto : Techcrunch)

JAKARTA - Pemerintah bersama tiga operator telekomunikasi Indonesia telah menyepakati kerjasama dengan Google untuk menghadirkan uji coba sebuah layanan yang dinamakan Project Loon. Proyek tersebut diklaim mampu menjawab kebutuhan Indonesia, untuk menghadirkan akses jaringan internet ke daerah-daerah terpencil di Tanah Air.

Pengamat telekomunikasi Indonesia, Heru Sutadi mengatakan secara teknologi, Project Loon adalah hal baru dan bisa dipakai menjangkau wilayah terpencil untuk mengakses internet. Hanya saja, menurutnya, upaya tersebut tidak bisa dijadikan solusi permanen untuk menjawab permasalahan tersebut.

“Ini tidak bisa jadi solusi permanen melainkan hanya sementara saja karena balon udara tersebut kurang stabil,” ucap Heru saat dihubungi Okezone melalui pesan singkat, Selasa (3/11/2015).

Heru menyampaikan, teknologi balon tidak begitu stabil dibandingkan dengan satelit. Dia menjelaskan, balon memiliki jeda waktu untuk mentransmisi jaringan internet ke permukaan karena massa-nya di angkasa serta kapasitas yang dimiliki terbatas.

Lebih lanjut dikatakan Heru, kalau untuk solusi sementara mungkin bisa, tetapi Indonesia membutuhkan pemecahan secara permanen untuk ketersediaan akses internet.

Sehingga, atas dasar itu Heru menyarankan, agar pemerintah tetap mengikuti masterplan pembangunan broadband sesuai perpres 96/2014 tentang rencana pita lebar Indonesia. Sebab di sana lebih bicara pembangunan palapa ring kemudian teknologi seluler.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini