Tokopedia Rangsang Pertumbuhan E-Commerce

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 06 November 2015 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 06 207 1244830 tokopedia-rangsang-pertumbuhan-e-commerce-xWiVCaZBHZ.jpg (Foto: Tokopedia)

SURABAYA – E-Commerce bertumbuh bila ada elemen-elemen yang saling mendukung. Di samping elemen seperti konektivitas internet dan produk yang dijual secara online, elemen yang tidak kalah penting ialah adanya pembeli serta penjual.

Guna menumbuhkan jiwa kewirausahaan berbasiskan teknologi online, Tokopedia menggelar event di beberapa kota seperti Jakarta, Solo, Yogyakarta dan Semarang. Khusus pada 5 November 2015, Tokopedia menggelar acara talk show inspiratif yang digelar di kota Surabaya.

“Kami memboyong tiga pembicara untuk Surabaya, yaitu COO Tokopedia Leontinus Alpha Edison, Stand Up Comedian yang berasal dari Surabaya Dodit Mulyanto dan salah satu Inspiring Seller Tokopedia Dina Sri Agustin,” jelas Public Relations Tokopedia Siti Fauziah (Puji) melalui keterangan resminya.

Dina merupakan salah satu penjual yang berhasil menciptakan peluangnya bersama Tokopedia. “Dina adalah seorang Kartini Modern. Walaupun berkali-kali jatuh bangun, ia tidak lelah melakukan berbagai perubahan demi menemukan makna kesuksesan yang selama ini ia cari,” ujar Puji.

Dina awalnya adalah seorang pekerja kantoran yang sempat menempati posisi cukup tinggi dalam perusahaan, namun ia kemudian memilih untuk mundur dari perusahaan. Kegagalan dan berbagai masalah yang ia hadapi tidak lantas membuatnya menyerah begitu saja.

Perempuan berusia 38 tahun ini terus mencari peluang bisnis lain dan akhirnya sukses menemukan passion bisnisnya di ranah online dengan menjual wall sticker. “Keuntungan materi yang saya dapatkan sekarang 11 kali lipat lebih tinggi daripada saat menjadi karyawan,” tutur Dina.

Selain talk show, Tokopedia juga mengadakan sebuah aksi sosial di SMALB Karya Mulia, sebuah sekolah luar biasa di Surabaya yang membimbing siswa dan siswi tuna rungu melalui layanan akademis dan berbagai pelatihan keterampilan.

Tokopedia Roadshow Surabaya didukung oleh JNE dan Smartfren.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini