Perubahan Iklim Ciptakan Kenaikan Kemiskinan hingga 100 Juta Orang

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Senin 09 November 2015 21:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 09 56 1246396 perubahan-iklim-ciptakan-kenaikan-kemiskinan-hingga-100-juta-orang-vbho7KhGTZ.jpg Perubahan Iklim Ciptakan Kenaikan Kemiskinan hingga 100 Juta Orang (Foto: Ist)

WASHINGTON - Perubahan iklim dan kenaikan air laut, membawa dampak yang tak main-main. Bank Dunia memperingatkan bahwa kondisi sosial dan ekonomi penduduk Bumi akan banyak berubah pada 2030, jika penanganan konkret tidak segera dilakukan.

Bank Dunia menyatakan bahwa perubahan iklim akan mengguncang sektor pertanian dan meningkatkan penyakit. Dengan begitu, tak ayal fakir miskin akan bertambah hingga lebih dari 100 juta orang atau 802 juta penduduk pada 15 tahun mendatang.

"Perubahan iklim paling mempengaruhi orang termiskin, dan tantangan kita adalah untuk melindungi puluhan juta manusia dari jurang kemiskinan ekstrem karena perubahan ini," ujar Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim, dikutip dari SABCNews, Senin (9/11/2015).

Pada 2015, Bank Dunia mencatat 702 juta penduduk miskin menderita karena hasil panen menurun dan banjir menghilangkan aset serta mata pencaharian mereka. Tak hanya itu, ancaman yang lebih besar dari penyakit seperti malaria.

Oleh sebab itu, lembaga ini menawarkan strategi terintegrasi untuk menghadapi masalah tersebut. Solusi mereka termasuk perlindungan infrastruktur sistem tanggul dan drainase serta pemulihan manggrove.

Mereka juga menyarankan perubahan regulasi penggunaan lahan untuk mencatat kenaikan permukaan laut. Bank Dunia menekankan bahwa seluruh regulasi ini harus segera diberlakukan untuk menanggulangi kerusakan yang lebih parah di masa mendatang.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini