Tips Memanfaatkan Data Secara Efektif

Amril Amarullah, Jurnalis · Rabu 11 November 2015 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 11 207 1247368 tips-memanfaatkan-data-secara-efektif-AqylT1gtRX.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sebagian besar dari perusahaan internasional dan investor memahami bahwa Indonesia memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi negara adidaya industri. Indonesia masa kini memiliki populasi generasi muda bertalenta, dengan biaya tenaga kerja yang relatif terjangkau, dan pasar dalam negeri yang besar. Selain itu, pertumbuhan negara ini juga sedang berkembang dengan pesat.

Indonesia diperkirakan dapat menjadi kekuatan ekonomi ke-7 terbesar pada 2030, mengalahkan Inggris dan Jerman.

Proses produksi sangat penting bagi Indonesia. Tanpa produksi dan tanpa meningkatnya produksi, negara ini akan kesusahan menyelesaikan persoalan defisit keuangannya saat ini, melepaskan diri dari perangkap pendapatan menengah, dan untuk keluar dari siklus komoditas.

Membangun kapasitas industri adalah jawaban dari berbagai persoalan negara ini: kapasitas industri yang matang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan memberikan perlindungan awal atas potensi guncangan dari luar. Meskipun demikian, kondisi yang optimal dan stabil sangat sulit untuk dicapai.

Craig Charlton, Senior Vice President for Asia Pacific, Epicor Software Corporation, sebuah perusahaan ERP terkemuka mengatakan bahwa peran data memainkan bagian yang penting, memberikan wawasan terkini dunia bisnis tentang apa yang sedang terjadi, serta apa yang harus dilakukan.

“Data dapat dipergunakan sebagai alat untuk menentukan layanan apa yang dapat diberikan, produk-produk apa saja yang dapat dikembangkan, pasar mana saja yang dapat ditembus, dan sasaran yang dituju oleh pelanggan dan bagaimana cara meraih target tersebut,” tutur Craig.

Dewasa ini, tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana cara menggunakan data, baik di internal, internet maupun melalui media sosial, secara efektif.

Aksesibilitas

Tidak ada gunanya memiliki data apabila pelanggan Anda tidak dapat mengakses atau menggunakan data yang Anda miliki tersebut di waktu mereka membutuhkannya. Sangat penting untuk memiliki akses data saat itu juga ketika Anda dihadapkan oleh situasi dimana Anda harus membuat suatu keputusan. Kemampuan untuk mengakses data di waktu Anda membutuhkannya, dan membuat keputusan bisnis yang tepat dan cepat, dapat memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan Anda.

Keamanan

Data berkembang lebih pesat saat ini, namun seringkali tanpa perhatian yang mumpuni dalam hal penyesuaian dan pengorganisasian. Ledakan data di berbagai platform menghasilkan data yang terpecah-pecah dan tidak aman. Perusahaan-perusahaan harus mencari cara untuk memastikan bahwa data mereka, rekanan serta pelanggan mereka terjamin keamanannya.

Terorganisasi

Seharusnya ‘terlalu banyak data’ bukanlah suatu masalah, namun hal inilah yang dialami oleh banyak perusahaan yang tidak mampu menangani jumlah data yang besar. Urutan pemasukan data yang mudah, pengarus-aliran dan pemrosesan data yang lancar, dan ketentuan pengorganisasian yang berkualitas adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengatur pengelolaan data.

Relevansi

Dengan data yang tepat, Anda dapat melakukan hal-hal menakjubkan dengan bisnis Anda. Di sisi lain, inkonsistensi data dapat menjadi awal dari kehancuran perusahaan. Selain itu, kemampuan untuk memilah data bisnis dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan cerdas.

Kini, memanfaatkan kekuatan data dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat perangkat lunak (software) seperti Enterprise Resource Planning (ERP). Software ini merupakan landasan untuk menemukan data yang efektif, pengumpulan, pengintegrasian, akses, dan pengelolaan data yang bermanfaat bagi kalangan IT atau pebisnis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini