Strategi Lazada Menangkan Pertempuran E-Commerce di 2016

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 12 November 2015 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 12 207 1248185 strategi-lazada-menangkan-pertempuran-e-commerce-di-2016-xH9zNfn9oc.jpg Sebastian Sieber Chief Marketing Officer Lazada & Tania Amalia Public Relations Manager Lazada Indonesia saat berkunjung ke Gedung Sindo Jakarta (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

JAKARTA - E-commerce mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan di Indonesia. Terbukti dengan menjamurnya berbagai macam perusahaan e-commerce di Tanah Air.

Salah satu perusahaan e-commerce, Lazada terus mengekspansi bisnis mereka agar tidak kalah saing dengan raksasa e-commerce lainnya. Guna menyediakan layanan pengiriman lebih cepat serta menjangkau area yang lebih luas, pada 2016 Lazada bakal memiliki gudang barang (warehouse) yang ditempatkan di Medan.

Saat ini, perusahaan yang dijuluki Amazon-nya kawasan Asia Tenggara itu memiliki dua gudang yang terletak di Cakung serta di Surabaya. Tania Amalia, Public Relations Manager Lazada Indonesia mengatakan, gudang yang terletak di Surabaya membantu agar pengiriman lebih cepat di tangan konsumen wilayah Indonesia Timur.

Sementara gudang yang berada di Medan baru akan diresmikan pada 2016. Ditempatkannya gudang di wilayah Medan diharapkan membantu perusahaan dalam hal pengiriman barang yang lebih cepat kepada konsumen untuk area pulau Sumatera.

Tania Amalia mengatakan, pihaknya di tahun depan juga akan menggaet komunitas yang lebih spesifik. "Kita lagi ingin coba barang-barang kategori lain, enggak hanya gadget," ujar Tania dalam kunjungannya ke Gedung Sindo, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Misalnya, kalangan ibu-ibu yang menggunakan peralatan dapur atau penggelut di bidang fashion. Perusahaan mulai menyasar untuk mendorong penjualan kategori non-gadget, yang selama ini menjadi primadona untuk produk yang dijual melalui Lazada.

Sebastian Sieber, Chief Marketing Officer (CMO) Lazada menambahkan, pada 2016 perusahaan melanjutkan pertumbuhan dengan fokus tidak hanya produk elektronik, tetapi fashion, peralatan rumah dan meningkatkan pelayanan dengan pengiriman yang lebih cepat.

Sebastian menegaskan bahwa Lazada ingin membuat pelanggan lebih nyaman berbelanja secara online. "Kita ingin membuat (belanja online) simpel, proteksi kepada pelanggan. Membangun trust (kepercayaan) itu penting untuk pelanggan," pungkasnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini