Share

Makam Raja Tutankhamun Titik Terang Sejarah Mesir

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Senin 23 November 2015 00:18 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 29 56 1257807 makam-raja-tutankhamun-titik-terang-sejarah-mesir-vkgXNEYyNY.jpg Makam Raja Tutankhamun Titik Terang Sejarah Mesir (Foto: Mirror)

MESIR - Seorang arkelolog Inggris menyatakan bahwa makam raja terkenal Mesir, Tutankhamun, menjadi kunci dari kamar rahasia Ratu Nefereti. Dr Nicholas Reeves percaya, Tutankhamun kemungkinan menuju ke makam Nefertiti sebelum dia meninggal pada usia 19 tahun.

Dilansir dari Mirror, Minggu (29/11/2015), ilmuwan awalnya tak terlalu yakin Ratu Nefereti dimakamkan di sebuah kamar. Namun kini mereka yakin 90 persen, makam rahasia sang ratu berdekatan dengan makam Tutankhamun.

Egyptian Antiquities Minister Mamdouh al-Damaty menyatakan, "Awalnya kami yakin 60 persen bahwa ada sesuatu di balik dinding, tapi kini setelah membaca situasi yakin 90 persen."

Memang, sebuah bilik kosong sudah ditunjukkan radar. Sayangnya, spesialis Hirokatsu Watanabe dari Jepang yang bertugas menyelidiki data baru ini tidak bisa menyebut secara pasti seberapa besar ruangan rahasia tersebut.

Penemuan Ratu Nefertiti yang merupakan ibu tiri dari Raja Tutankhamun ini sangat penting. Pengetahuan tentangnya akan memperjelas silsilah sejarah Mesir.

Sebelumnya, Tutankhamun atau popular disebut King Tut meninggal pada 1323 sebelum masehi ketika usianya masih remaja. Makamnya ditemukan pada 1922 oleh ahli sejarah Mesir, Howard Carter.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini