Hasil Test Drive Uji Jaringan 4G LTE Smartfren di Medan

Arsan Mailanto, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2015 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 02 54 1259828 hasil-test-drive-uji-jaringan-4g-lte-smartfren-di-medan-2tIiMamCCU.jpg Head of Network Special Project Smartfren - Munir Syahda Prabowo (Foto: Arsan Mailanto/Okezone)

MEDAN - Sebagai bagian dari upaya untuk mempercepat implementasi dan sosialisasi 4G LTE Advanced di Sumatera Utara (Medan), Smartfren menggelar rangkaian acara Test Drive Jaringan di dua kota yakni P.Siantar - Balige.

Dengan mengusung tema Drive Test Network Smartfren, perusahaan mengajak sejumlah media dari Jakarta dan Medan untuk merasakan bagaimana kecepatan jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) di Kota Medan, Sumatera Utara.

Sesampainya di pusat kota Medan yang berlokasi di restoran Nelayan, Jalan Merak Jingga, Medan, hasil kecepatan download yang diperoleh menggunakan Ookla Speedtest, mencapai kecepatan diangka 38,56 Mbps untuk download dan upload 8,16 Mbps.

Setelah itu rombongan awak media kembali melakukan uji jaringan dari Medan menuju P.Siantar hingga Balige. Berbicara mengenai kecepatan akses download dan upload, mengacu dari uji kecepatan melalui aplikasi Ookla Speedtest, mendapatkan dua hasil dengan kecepatan rata-rata sekitar 19,14 Mbps download dan 2,20 Mbps.

Kemudian memasuki daerah kedalaman di Desa Pon, Okezone mencoba kembali dan meraih angka 12,14 Mbps download dan 4,13 Mbps upload. Kemudian melewati batas Desa Pon mendapatkan angka 11,46 Mbps Download dan 8,14 Mbps upload. Kecepatan akses data juga terpantau berbeda-beda pada setiap wilayahnya.

Head of Network Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo mengatakan, berdasarkan uji jaringan yang dilakukan, layanan 4G LTE Smartfren di Medan sudah cukup memenuhi apa yang diharapkan.

"Dengan melakukan pengujian ini maka akan mendapatkan hasil yang sudah ready untuk LTE, faktanya kami memang sudah siap jaringan 4G LTE agar bisa dimanfaatkan pelanggan," ujarnya dalam event Drive Test Network di Medan, Sumatera Utara Rabu (2/12/2015).

Munir mengungkapkan, untuk saat ini jumlah BTS (Base Transceiver Station) untuk 4G Smartfren di Sumatera Utara terdapat 400 BTS sedangkan untuk di Sumatera Bagian Utara terdapat 600 BTS.

"Kemungkinan kami akan menambah lagi jumlah BTS di tahun mendatang apabila jumlah pelanggan kami terus bertambah dan fokus kami adalah terus mengembangkan jaringan ini untuk ke depannya," imbuhnya.

Sekadar informasi hingga akhir 2015 ini jaringan 4G LTE Smartfren sudah tersedia di 22 kota seperti Aceh, Bogor, Bandung, Batam, Cirebon, Jakarta, Lampung, Medan, Padang, Pekanbaru, Banjarmasin, Palembang, Denpasar, Madiun, Jember, Makassar, Malang, Manado, Semarang, Solo, Surabaya, dan Yogyakarta.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini