Catatan Perjalanan Tes 4G LTE Smartfren di Sumut

Arsan Mailanto, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2015 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 04 54 1261090 catatan-perjalanan-tes-4g-lte-smartfren-di-sumut-qVMg4gSTvW.jpg Uji Jaringan 4G LTE Smartfren (Foto: Arsan Mailanto/Okezone)

MEDAN - Revolusi teknologi Smartfren 4G LTE Advanced dikenal sebagai jaringan yang terkoneksi secara luas, cepat dan stabil kapanpun dan di manapun berada.

Okezone berkesempatan menjajal performa jaringan 4G LTE Smartfren tersebut di Pematang Siantar, Balige Danau Toba, Sumatera Utara yang berjarak tempuh sekira 234 kilometer dari Medan pada 2-4 Desember 2015.

Sebelum berangkat mengelilingi kota Medan, rombongan media melakukan persiapan terlebih dahulu, makan siang di Restoran Nelayan, Jl. Merak Jingga, Medan.

Di sana, awak media dari Jakarta diperkenalkan dengan media dari Medan, dan tim Smarfren di kawasan setempat. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari tim Smartfren sekaligus disuguhkan dengan hidangan makanan laut khas Kota Melayu Deli ini.

Rombongan awak media diberi penjelasan mengenai rute yang akan ditelusuri untuk melakukan uji coba jaringan 4G Test Drive Network 4G LTE Smartfren yang pertama di Medan, Sumut.

Pada uji jaringan kali ini, awak media dibekali handset Andromax Q yang telah mendukung jaringan LTE (Long Term Evolution). Handset 4G LTE garapan Smartfren ini akan menjadi solusi tepat akan konektivitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

Kemudian, rombongan awak media mulai naik ke bus yang telah disediakan untuk Test Drive Smartfren LTE. Tujuan pertama uji coba jaringan terletak di Pematang Siantar salah satu kota terbesar di Sumatera Utara dengan jarak tempuh sekira 234 kilometer dari Kota Medan ke Balige, yang merupakan ibu kota kabupaten Toba Samosir.

Rombongan media lalu kembali ke bus, melanjutkan perjalanan sesuai agenda yang ditentukan untuk Test Drive Network. Dalam perjalanan, para awak media menggunakan dua aplikasi untuk melakukan uji coba seperti nPerf dan Ookla Speedtest.

Awak media mencoba kecepatan Smartfren LTE di ruas-ruas jalan kota Medan hingga menyebrang Danau Toba Samosir, lalu menuju Hotel Tiara Bunga. Sesampainya di Hotel, Okezone kembali mencoba kecepatan Smarfren 4G LTE melalui aplikasi Ookla Speedtest pada jam 12.30 WIB hasilnya mencapai 11,44 Mbps untuk download, dan upload mencapai 4,21 Mbps.

Setelah itu, pada pukul 03.00 WIB mencoba lagi melalui aplikasi kedua nPerf yang hasilnya mencapai 7,45 Mbps download, 0,43 Mpbs, latency 615 ms, untuk browsing 39,54 persen, streaming video 84,48 persen dengan skor 3.082 poin. Uji jaringan ini jaraknya cukup jauh dari pemukiman masyarakat di pesisir Danau Toba.

Setelah melakukan uji coba jaringan dari Pematang Siantar menuju Balige yang kemudian mendarat di Danau Toba Samosir Sumut, bisa dinilai bahwa kecepatan internet 4G LTE Smartfren cukup stabil untuk berselancar internet.

Memasuki hari kedua pada 3 Desember 2015, masih dalam kegiatan serupa, Test Drive Network 4G LTE Smartfren. Awak media kembali melanjutkan uji coba jaringan mulai dari kawasan Balige, Danau Toba tempat awak media menginap menuju Berastagi, dengan jarak tempuh 105 kilometer. Jarak tersebut memerlukan waktu bagi rombongan untuk tiba di Berastagi, Sumut sekira 6 jam perjalanan.

Sesampainya di Berastagi atau lokasi terakhir, rombongan awak media beristirahat dan Okezone menguji kecepatan 4G LTE Smarfren. Melalui aplikasi yang sama, yakni Ookla Speedtest pada pukul 21.00 WIB, hasil yang didapat menunjukkan angka 8,84 Mbps untuk download dan upload mencapai 19,18 Mbps.

Setelah itu, pada jam 22.00 WIB mencoba lagi dengan aplikasi kedua nPerf, hasilnya mencapai angka 10,50 Mbps untuk download, 3,34 Mpbs untuk upload, latency 111 ms, sedangkan browsing mencapai angka 62,68 persen, dan streaming video 49,84 persen dengan skor 6.034 poin.

Hampir 80 persen area yang dilewati kegiatan Test Drive Smartfren 4G LTE Medan ini sudah ter-cover dengan baik. Koneksi internet 4G LTE Smartfren, yang masih berada di area terpencil masih tetap stabil tentunya masih dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal seperti nonton video tanpa buffering di YouTube, streaming acara tv kualitas HD, video call, dan main game online tanpa nge-lag.

Smartphone Andromax Q

Selama pengujian jaringan 4G LTE di Sumatera Utara, awak media memakai handset Andromax Q. Handset desain ukuran layar 4,5 inci resolusi 1280 x 720 piksel HD itu didukung dapur pacu chipset Snapdragon 410 prosesor quad core dengan kecepatan 1.2 GHz yang dikawinkan dengan RAM 1 GB. Selain itu, smartphone ini dibekali storage internal 8 GB dan dapat diperluas dengan microSD hingga kapasitas 128 GB.

Urusan mengambil foto kamera utama 5 megapiksel autofocus dan kamera flash depan 2 megapiksel. Sedangkan konektivitas sistem operasi (OS) Lollipop 5.0, dengan dual on 4G LTE/CDMA dan GSMA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini