Tri Atasi Trafik Liburan Tanpa Kendala

Dini Listiyani, Jurnalis · Senin 04 Januari 2016 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 04 54 1280114 tri-atasi-trafik-liburan-tanpa-kendala-pUdPZmIEIo.jpg Logo Tri (Foto: Tri)

JAKARTA - PT Hutchison 3 Indonesia atau operator Tri sukses melayani pelanggan di masa liburan tanpa kendala berarti. Selama liburan itu, Tri melaporkan peningkatan penggunaan layanan data mendominasi trafik data jaringan.

Peningkatan penggunaan layanan data mendominasi peningkatan trafik data jaringan, khusunya penggunaan OTT dan sosial media seperti Facebook untuk menyampaikan ucapan Natal dan Tahun Baru 2016. Trafik data meningkat hampir 70 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Selama malam pergantian tahun dan perayaan Natal 2015, kami telah mengantisipasi bahwa sebagian besar pelanggan kami akan menggunakan layanan pesan OTT dan sosial media seperti Facebook, WhatsApp, untuk berkomunikasi dan menyampikan ucapan kepada teman maupun keluarga. Hal ini sangat berbeda dibandingkan beberapa tahun lalu,”kata Randeep Singh Sekhon, Presiden Direktur Tri dalam keterangan kepada Okezone, Senin (4/1/2016).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, beberapa tahun lalu pelanggan kami masih menggunakan SMS untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru kepada kerabatnya. Oleh sebab itu, kami telah meningkatkan kapasitas data kami di seluruh Indonesia, terutama di kota besar dan kota tujuan wisata lainnya.

“Pengunaan Facebook meningkat hampir 20 persen pada malam Natal dan Tahun Baru, serta hampir 30 persen pada WhatsApp. Kami bersyukur layanan kami telah beroperasi dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti meskipun terjadi lonjakan trafik,” tambahnya.

Selain itu, Tri juga telah melakukan peningkatan kualitas jaringan di sepanjang jalur pantura, jalur selatan dan jalur penghubung lainnya. Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada puncak pergantian tahun, peningkatan kapasitas juga telah dilakukan di ruang dan fasilitas umum seperti mal, terminal, pelabuhan, bandara dan stasiun kereta api. Di samping itu, Tri juga telah menempatkan mobile BTS di pusat keramaian perayaan Natal dan Tahun Baru.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini