Tips Pulihkan Data Terhapus di Memori Internal Smartphone

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2016 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 22 92 1294717 tips-pulihkan-data-terhapus-di-memori-internal-smartphone-y3AxY1EM2N.jpg Tips Pulihkan Data Terhapus di Memori Internal Smartphone (Foto: Android Recovery)

CALIFORNIA - Tak jarang seseorang telanjur menghapus data yang ada di smartphone-nya dan ingin data tersebut kembali. Bisakah memulihkan data tersebut di internal memori perangkat?

Memori internal tidak menghitung seperti drive atau memori eksternal. Biasanya, peralatan recovery Android pun hanya bisa mengembalikan data yang berada di SD card.

Namun tak perlu khawatir karena Android Data Recovery dapat memulihkan data di memori internal perangkat. Aplikasi tersebut mampu bekerja di OS Android 4.4 dan 5.0. Sementara itu, pengguna iPhone bisa menggunakan iPhone Data Recovery.

Yang Anda perlukan adalah Android/iPhone Data Recovery yang merupakan program khusus untuk memulihkan kontak, pesan, history WhatsApp, gambar, musik dan video dari internal serta eksternal memori di smartphone. Anda juga perlu menyiapkan kabel USB dan komputer  yang berjalan paling tidak di Windows 7 atau Mac.

Jangan gunakan ponsel Anda, karena data baru yang Anda tambahkan berarti akan menghapus selamanya tempat file yang terhapus. Dengan kata lain, data Anda tak bisa kembali seluruhnya karena sudah di-overwritten. Pastikan smartphone masih memiliki daya paling tidak 20 persen sehingga ia tidak akan mati dalam proses pemulihan.

Berikut ini langkah-langkah mengembalikan data yang dilansir dari Android Recovery:

1. Hubungkan Android/iPhone ke komputer dengan USB.

 

2. Enable USB Debugging, ikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini

 

3. Pilih jenis file yang akan dipindai dan mode apa yang akan digunakan. Ketika Anda menyelesaikan step ketiga, software akan meminta Anda untuk memindai. Pilih file yang ingin Anda pulihkan.

 

4. Izinkan permintaan SupperUse dan mulai pemindaian. Klik allow di tabel SupperUse dan centang remember. Setelah itu izinkan SuperSU dan SupperSU CMW dengan kembali mengeklik tombol allow. Lalu klik start.

 

5. Preview dan pulihkan file dari memori internal. Hasil pemindaian akan ditunjukkan dalam warna merah dan hitam. Lihat file sebelum Anda memutuskan untuk memulihkannya. Centang hanya yang warna merah karena mereka adalah file yang sudah terhapus. Kemudian klik recover di bagian bawah layar. Ketika selesai, konten Anda yang hilang telah ada di PC.

(kem)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini