SpaceX Sukses Uji Empat Parasut untuk Pendaratan Astronot

Dini Listiyani, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2016 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 28 56 1299593 spacex-sukses-uji-empat-parasut-untuk-pendaratan-astronot-5w8IKESnuN.jpg Parasut SpaceX (Foto: The Verge)

CALIFORNIA – SpaceX sukses menguji empat parasut besar yang akan digunakan untuk membantu menurunkan crew pesawat luar angkasa Dragon kembali ke Bumi.

Badan Antariksa Amerika Serikat NASA memublikasikan video drop test hari ini menunjukkan empat parasut besar mengembang dan memperlambat pesawat luar angkasa di bawah mereka. NASA telah membayar SpaceX untuk membuat kargo berjalan ke dan dari International Space Station (ISS) sejak 2012.

Dengan kata lain, NASA akan menggunakan SpaceX (dan Boeing) untuk pesawat ulang-alik ke dan dari space station di tahun-tahun mendatang. Sebelum itu bisa terjadi, perusahaan memiliki serangkaian panjang tes milestone yang dibutuhkan untuk lulus, dan uji parasut merupakan yang terbaru, sebagaimana dilaporkan The Verge, Jumat (29/1/2016).

Menggunakan beban berat, perusahaan menjatuhkan tes rig dari pesawat C-130, ribuan kaki di udara di atas Coolidge, Arizona. Empat parasut besar itu benar-benar dikerahkan pada pengujian.

Meskipun tes rig bertempat di gurun pasir, rencana saat ini untuk memiliki kapsul crew Dragon turun di laut. Ini akan menjadi pertama kalinya astronot telah mendarat di air sejak akhir 1970-an. Misi ini pertama dijadwalkan akhir 2017 atau awal 2018.

Pada saat yang sama, SpaceX sedang menguji parasut untuk pendaratan di air, SpaceX juga sedang menguji pendorong pendaratan.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini