Obama Gelontorkan USD4 Miliar untuk Pendidikan Teknologi

Dini Listiyani, Jurnalis · Senin 01 Februari 2016 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 01 207 1301766 obama-gelontorkan-usd4-miliar-untuk-pendidikan-teknologi-bF0tDhrtUu.jpg Barack Obama (Foto: AP)

NEW YORK - Presiden Amerika Serikat Barack Obama berencana untuk menggelontorkan dana USD4 miliar, yang bertujuan untuk memastikan semua anak-anak, terlebih perempuan dan minoritas belajar komputer sains.

Inisiatif ini disebut "Computer Science for All" dengan memberikan negara dana untuk melatih guru, melengkapi kelas, dan mangembangkan material kelas baru. Uang yang digunakan Obama sendiri merupakan anggaran presiden 2017, dan membutuhkan persetujuan dari Partai Republik yang memimpin congress.

"Dalam ekonomi baru, komputer sains bukan lagi skill pilihan, melainkan basic skill, tepat bersama dengan tiga Rs," kata Obama. "Sembilan dari 10 persen orang tua ingin mengajar di sekolah anak mereka," tambahnya, sebagaimana dilaporkan Cnet, Senin (1/2/2016).

Akan tetapi, kata Obama saat ini hanya seperempat sekolah yang Taman Kanak-kanak (TK) hingga kelas 12, yang menawarkan ilmu komputer. Bahkan, 22 state tak memungkinkan untuk menuju ke jenjang diploma.

Inisiatif yang dilakukan orang nomor satu di Amerika Serikat itu merupakan usahanya untuk menjembatani gap pendidikan teknologi. Kurang dari 15 persen dari high school atau SMA, yang menawarkan beragam kursus komuputer sains Advancef Placement pada 2015, hanya 22 persen dari mereka yang mengambil ujian adalah perempuan, dan hanya 13 persen merupakan pelajar Latin atau African-American.

Mempersiapkan pekerjaan masa depan bukan hanya tentang bekerja dengan komputer, tetapi juga mengembangkan analisis dan keterampilan coding untuk memperkuat ekonimi inovasi. “Hari ini auto mekanik tak hanya meluncur di bawah mobil untuk mengganti oli, mereka juga bekerja pada mesin yang berjalan di jutaan barisan koding. Itu 100 kali lebih dari Space Shuttle,”kata Obama. “Perawat menganalisis data dan mengelola catatan kesehatan elektronik. Teknisi menulis program komputer,”lanjutnya.

Rencana ini juga merupakan panggilan untuk anggota parleman, gubernur, walikota, dan pemimpin bisnis teknologi untuk bergabung. Microsoft adalah pendukung inisiatif awal, dengan direktur perusahaan Brad Smith dilaporkan mengatakan berada dalam panggilan yang dibentuk Gedung Putih.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini