Ini Celah yang Bisa Ditembus Hacker dari Prosesor MediaTek

Arsan Mailanto, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2016 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 01 207 1302227 ini-celah-yang-bisa-ditembus-hacker-dari-prosesor-mediatek-5avCMbrDVc.jpg (Foto: Techworm)

CALIFORNIA - Meski banyak digunakan di dalam smartphone atau tablet, prosesor garapan MediaTek dikabarkan rentan terkena serangan hacktivis.

Sebagaimana diungkapkan seorang peneliti dan pengembang mobile security R&D Justin Case @jcase melalui akun resmi jejaring Twitternya.

Diberitahukannya bahwa MediaTek cacat, bug tersebut dibiarkan terbuka dan perusahaan lupa menutup debug sebelum memasarkan perangkat ke publik, seperti mengutip Techworm, Selasa (2/2/2016).

Sehingga cacat tersebut dapat dimanfaatkan hacker untuk mencuri data pribadi termasuk foto, kontak, bahkan dapat memonitor semua lalu lintas. Jadi kemungkinan para hacker akan meretas dari sebuah backdoor di dalam software MediaTek.

Kicauanya Case langsung mendapat respon oleh pihak perwakilan MediaTelk. "Kami menyadari masalah ini dan telah ditinjau oleh tim keamanan MediaTek, kesalahan yang ditemukan ada di perangkat yang mengoperasikan sistem OS Android 4.4 KitKat," katanya.

MediaTek mengatakan bahwa adanya fitur de-debug yang dilakukan untuk pengujian telekomunikasi interoperabilitas di China. Setelah proses pengujian si produsen ponsel harusnya menonaktifkan kembali fitur de-bug sebelum melakukan pengiriman smartphone.

"Setelah melakukan penyelidikan, kami menemukan bahwa beberapa produsen ponsel tidak menonaktifkan fitur tersebut, sehingga masalah sistem keamanan sangat berpotensi diretas oleh hacker," ungkapnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini