nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Luar Dugaan, Pluto Miliki Air Beku Lebih Banyak

Dini Listiyani, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2016 09:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 02 01 56 1302302 di-luar-dugaan-pluto-miliki-air-beku-lebih-banyak-Xh2x15ykeR.jpg Air Beku Pluto Lebih Banyak dari yang Dibayangkan (Foto: Ubergizmo)

CALIFORNIA – Ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat NASA memiliki pandangan bahwa ada sedikit air es di permukaan Pluto. Ternyata diluar dari perkiraan ilmuwan, Pluto itu memiliki lebih banyak air beku.

Peta baru diciptakan dari kumpulan data dari pesawat luar angkasa NASA New Horizons menunjukkan, planet ini ditutupi dengan sejumlah besar es. Peta baru ini lebih sensitif dibandingkan dengan versi sebelumnya, yang diciptakan dengan data New Horizib flyby tahun lalu, sebagaimana dilaporkan Ubergizmo, Selasa (2/2/2016).

Peta hanya menunjukkan daerah dengan jumlah es yang sangat besar karena air es mudah tertutup oleh matana beku, dan metana beku itu berlimpahan di Pluto. Badan Antariksa itu menggunakan metode baru untuk menjahit bersama gambar yang dikirim oleh pesawat luar angkasa New Horizons, gambar ditangkap menggunakan instrument pesawat luar angkasa Ralph/Linear Etalon Imaging Spectral Array (Leisa) dari jarak 67.000 mil.

Jahitan bersama gambar-gambar infrared ini memungkinkan ilmuwan untuk memastikan signatures es yang diciptakan oleh elemen lain seperti nitrogen dan metana sehingga signaturesuntuk air es bisa ditingkatkan.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini