NASA Akan Kirim 'Senter Bulan' untuk Uji Ragi di Antariksa

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2016 00:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 02 03 56 1303772 nasa-akan-kirim-senter-bulan-untuk-uji-ragi-di-antariksa-BDyZZyH4RP.jpg NASA Akan Kirim 'Senter Bulan' untuk Uji Ragi di Antariksa (Foto: DailyMail)

CALIFORNIA – Ketika diluncurkan pada 2018, Space Launch System (SLS) akan membawa 13 satelit kecil yang ukurannya hanya sebesar kotak sepatu. Satelit itu akan diluncurkan SLS dalam posisi yang berbeda-beda ketika menuju Mars.

NASA pun mengumumkan seperti apa penampilan CubeStats sebesar kotak sepatu itu. Di antaranya, terdapat senter laser yang akan mengorbit Bulan untuk memberikan pencahayaan bagi ilmuwan yang mencari sumber air dan peta permukaan Bulan.

"Dalam misi masa depan, kami akan hidup di atas permukaan. Peta akan membantu kami menemukan posisi yang bagus," ujar Kepala Advanced Exploration Systems NASA Jitendra Joshi, mengutip dari Daily Mail, Rabu (3/2/2016).

CubeSat lain yang disebut Near-Earth Asteroid (NEA) Scout akan menggunakan propulsi berlayar surya untuk terbang di sekitar asteroid kecil, mengambil gambar dan melakukan pengamatan. Ini bertujuan meningkatkan pemahaman di sekitar asteroid dan merekam informasi penting untuk astronot masa depan yang menjelajahinya.

Senter Bulan akan menggunakan layar surya besar yang mirip dengan layar NEA Scout untuk memantulkan sinar matahari dan menerangi kawah Bulan yang gelap permanen. Kemudian, instrumen ilmiah akan mengukur permukaan es air.

Sementara BioSentinel akan menggunakan ragi untuk mendeteksi, mengukur, dan membandingkan dampak radiasi antariksa pada organisme hidup dalam jangka waktu yang lama di luar Low-Earth Orbit.

Hal ini akan membantu para ilmuwan memahami dampak dari lingkungan luar angkasa pada sistem biologis untuk rencana mengirim manusia ke ruang angkasa yang lebih jauh dari sebelumnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini