Ilmuwan Jerman Uji Coba Reaktor Nuklir Pembangkit Listrik

Arsan Mailanto, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2016 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 04 56 1304851 ilmuwan-jerman-uji-coba-reaktor-nuklir-pembangkit-listrik-Ncso4HpTB1.jpg Reaktot Nuklir (Foto: Sean Gallup)

BERLIN – Ilmuwan asal Jerman telah memulai uji coba pertama reaktor nuklir Wendelstein 7-X berjuluk W7-X. Reaktor fusi terbaru dan terbesar itu sendiri dibuat berdasarkan konsep stellarator.

Mengutip dari The Verge, Kamis (4/2/2016), W7-X adalah reaktor percobaan untuk fusi nuklir yang dibangun oleh ilmuwan yang sangat berambisi di Greifswald, Jerman, oleh Institusi Plasmaphysik.

Reaktor tersebut dikabarkan memiliki berat 100 ton. Lalu proses perakitan hingga menjadi sebuah reaktor membutuhkan waktu sekira sembilan tahun. Reaktor ini juga memiliki bentuk desain melingkar.

Seperti terlihat di gambar, bentuk dari reaktor W7-X melingkar, ukurannya bukan utuh dari reaktor fusi nuklir (reaksi termonuklir) adalah sebuah proses saat dua inti atom bergabung.

Konsep desain baru ini memiliki keuntungan dalam memproduksi reaksi fusi yang bisa diterapkan, dan W7-X merupakan langkah maju yang besar dalam sebuah penelitian.

Percobaan yang dilakukan adalah relatif sederhana, seperti mencegah plasma yang menabrak ke dinding reaktor, dan pemanasan partikel hidrogen. Ini merupakan langkah pertama yang penting dalam rencana penelitian fasilitas.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, keuntungan jelas dari energi fusi yang dimanfaatkan adalah sebagai sumber pembangkit listrik yang layak.

"Sebagai negara industri, kami ingin menunjukkan bahwa power supply ini terjangkau, aman, dan akan berkelanjutan tanpa adanya daya saing ekonomi," ujarnya dalam sebuah pernyataan kepada pers.

Reaktor ini diklaim lebih aman jika dibanding reaktor nuklir konvensional, karena sangat minim akan radiokatif. Selain itu, proyek penelitian Jerman ini salah satu dari banyak reaktor eksperimental untuk coba membuat pekerjaan fusi, termasuk Facility US National Ignition dan fasilitas ITER didanai oleh Uni Eropa.

ITER adalah sebuah proposal eksperimen tokamak (magnetic confinement fusion) yang dirancang untuk menunjukkan kemungkinan dari penggunaan reaktor tenaga fusi skala penuh secara saintifik dan teknologi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini