nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejarah Pertama Kali Televisi Masuk ke Indonesia

Arsan Mailanto, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2016 18:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 02 16 207 1313559 sejarah-pertama-kali-televisi-masuk-ke-indonesia-PongINrDrN.jpg (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Televisi (TV) merupakan salah satu sarana hiburan yang gunakan oleh masyarakat di dunia. Selain sebagai sarana hiburan, TV juga sebagai salah satu sarana penyampai informasi di dunia.

Kata televisi gabungan dari kata tele "jauh" dari bahasa Yunani dan visio "penglihatan" dari bahasa Latin. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual atau penglihatan.

Penemuan televisi itu sendiri disejajarkan dengan penemuan roda, sebab penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia.

Pada masa awal perkembangannya, televisi menggunakan gabungan teknologi optik, mekanik, dan elektronik untuk merekam, menampilkan, dan menyiarkan gambar visual.

Setidaknya pada akhir 1920-an, sistem pertelevisian hanya menggunakan teknologi optik dan elektronik saja, di mana semua sistem televisi modern menerapkan teknologi ini.

Namun, kini di era digital yang mengikuti zaman, televisi layar besar atau tabung pun mulai tergerus dengan perkembangan teknologi seperti TV Curved yang telah di hadirkan di Tanah Air.

Penelusuran Okezone, seperti dilansir dari En.wikipedia, Selasa (16/2/2016), hadirnya televisi di Indonesia dimulai pada 24 Agustus 1962 di Jakarta dengan stasiun yang dikelola negara TVRI, yang mulai mengudara pada ulang tahun ketujuh belas Kemerdekaan Indonesia.

Di Indonesia, masalah yang menyangkut pembangunan nasional hingga sejarah kejatuhan sebuah rezim dapat disaksikan, direkam bahkan dibentuk dalam muatan pesan disajikan dalam bentuk teknologi tabung kaca ajaib ini.

Sejauh mana televisi memainkan peranannya dalam pengembangan demokrasi di Indonesia dalam bentuk yang seideal mungkin dijadikan sebagai perangkat untuk pembentukan masyarakat yang kritis, lebih terdidik dan dewasa.

Monopoli televisi di Indonesia terus berlanjut sampai 1989, ketika komersial pertama stasiun RCTI mulai sebagai stasiun lokal dan kemudian diberikan lisensi nasional setahun kemudian.

Salah satu acara televisi khas umum untuk hampir setiap jaringan sinetron. Sinetron biasanya drama seri, opera, tetapi juga dapat merujuk ke salah satu seri fiksi dan komedi.

Pertama kali masyarakat Indonesia menyaksikan demonstrasi televisi adalah pada 1955, 29 tahun setelah diperkenalkan pada 1926 dan 26 tahun setelah siaran televisi pertama dunia dibuat pada 1929.

Ini televisi pertama dibawa dari Uni Soviet selama perayaan anniversary fair 200 tahun Yogyakarta. Pada 25 Juli 1961, ditandatangani kesepakatan untuk menciptakan komite untuk persiapan pembentukan televisi di Indonesia.

Hanya selang satu tahun untuk membuat studio, menara siaran, dan peralatan teknis lainnya di lokasi bekas Akademi Informasi di Senayan. Siaran TV percobaan pertama adalah liputan langsung dari perayaan HUT ke-17 Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1962 dari Istana Merdeka Jakarta.

HUT ke 17 tersebut yang diselenggarakan oleh Divisi Televisi Radio dan Biro Komite Televisi Organizing. Hari yang dikenal sebagai kelahiran Televisi Republik Indonesia atau TVRI, stasiun televisi pertama di Indonesia.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini