AMD Vulkan Dorong Kualitas Grafis Game PC

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2016 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 17 207 1314840 amd-vulkan-dorong-kualitas-grafis-game-pc-BOrukDqcj0.jpg AMD (Foto: Wccftech)

JAKARTA - AMD akan memperkenalkan Vulkan 1.0 yang akan dirilis dalam waktu dekat oleh Khronos Group. Vulkan merupakan application programming interface (API) yang mendorong performa serta tampilan grafis yang lebih kece dalam permainan.

AMD menjelaskan, Vulkan merupakan generasi baru yang merupakan turunan dari AMD Mantle. Perusahaan juga akan merilis versi beta dari software Vulkan API.

Melalui keterangan resmi yang diterima Okezone, Rabu (17/2/2016), driver baru ini berkolaborasi dengan hardware grafis Radeon, yang memungkinkan pengembang game PC untuk menghilangkan bottlenecks dari faktor software.

Sebagai pelengkap OpenG, turunan dari AMD Mantle, dan sudah teruji oleh industri, Vulkan adalah API grafis low-overhead berkemampuan tinggi, memberikan pengembang kontrol software mendalam untuk memaksimalkan kinerja, efisiensi, dan kemampuan dari Radeon GPU dan multi-core CPU.

Dibandingkan dengan OpenGL, Vulkan secara substansial mengurangi overhead API, yang mana pekerjaan background dari GPU atau CPU harus menafsirkan apa yang game butuhkan dari hardware. Mengurangi overhead memberikan hardware lebih banyak waktu untuk menghadirkan fitur, kinerja, dan kualitas gambar yang lebih baik.

Vulkan juga membuka fitur hardware GPU yang biasanya tidak dapat diakses melalui OpenGL. Vulkan mendukung Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, Android, dan Linux.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini