Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terry Guo, Pendiri Foxconn Memulai Karir Sebagai Buruh

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2016 18:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 02 26 207 1322117 terry-guo-pendiri-foxconn-memulai-karir-sebagai-buruh-RgyQZsvgxn.jpg Terry Guo (foto: Forbes)

JAKARTA - Terry Guo dikenal sebagai salah satu pengusaha tersukses di benua Asia. Ia adalah pemimpin dari perusahaan manufaktur elektronik, Foxconn yang kini memiliki 1,3 juta karyawan.

Seperti dikutip dari Succes Story, Kamis (25/2/2016), semua kesuksesannya tidak datang secara tiba-tiba. Terry yang memiliki nama asli Gou Tai-ming lahir di tahun 1950 dari keluarga kelas menengah. Ayahnya adalah seorang polisi yang berasal dari Tiongkok.

Setelah lulus dari perguruan tinggi, dia menjadi karyawan di pabrik karet sampai berumur 24 tahun. Setelah cukup mengumpulkan modal, ia memutuskan untuk memulai perusahaannya sendiri. Dengan total modal USD7.500, Foxconn berdiri.

Pada awalnya, perusahaan ini memproduksi suku cadang televisi di tahun 1974. Saat awal berdiri, Foxconn hanya memiliki 10 pegawai, namun setelah Terry mendapat kontrak dengan Atari di tahun 1980, perusahaan ini mulai berkembang.

Setelah mendapat kontrak besar pertamanya, Terry mulai secara agresif mendekati beberapa perusahaan besar Amerika untuk bekerjasama dengannya. Terry berkeliling dataran Amerika selama 11 bulan untuk mencari kontrak.

Di tahun 1996, Foxconn mulai memproduksi sasis untuk Compaq. Sejak saat itu, ia mendapat rentetan kontrak dari HP, IBM, dan Apple.

Formula kesuksesannya terletak pada kontrol kualitas produk yang diterapkannya. Terry memang sangat disiplin mengenai kualitas produksi, hal itulah yang menyebabkan perusahaan seperti Apple mempercayakan produknya di Foxconn.

Dia sekarang menguasai 13 persen saham dari perusahaan ini, dan menempati peringkat 239 pada daftar orang terkaya versi Forbes dengan kekayaan bersih mencapai USD6,1 miliar.

(kem)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini