Ini Alasan Penggunaan Kacamata Saat Lihat Gerhana Matahari Total

Aditya Gema, Jurnalis · Senin 29 Februari 2016 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 02 29 56 1323880 ini-alasan-penggunaan-kacamata-saat-lihat-gerhana-matahari-total-TSj6HEiAEa.jpg Kacamata Gerhana

JAKARTA - Gerhana matahari total pada 9 Maret akan menjadi fenomena alam yang wajib disaksikan, namun sebelum menyaksikan peristiwa tersebut, ada baiknya kita mengetahui kegunaan kacamata pelindung.

Kepada Okezone, Ketua LAPAN, Thomas Djamaluddin, mengatakan, kacamata pelindung berguna untuk meredupkan sinar matahari hingga 100 ribu kali.

Menurutnya, sebaiknya kacamata digunakan saat fase sebagian. Momen ini terjadi ketika bulan belum sepenuhnya menutup matahari.

"Kacamata digunakan saat fase sebagian, walaupun sudah pakai kacamata sebaiknya jangan terlalu lama menatap gerhana," kata Thomas saat dihubungi Okezone, Senin (29/2/2016).

Ketika sudah menutup sempurna, masyarakat dapat melepas kacamata. hal ini dikarenakan masyarakat dapat melihat keindahan korona (bagian paling luar dari atmosfer matahari) saat fase sempurna.

"Ketika sudah menutupi bulan, kacamata bisa dilepas agar kita bisa melihat korona. Bagian ini tidak akan terlihat saat hari biasa," tutupnya

                 

(kem)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini