Friendster Terkini Miliki Fitur Mirip Facebook

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Rabu 16 Maret 2016 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 16 207 1337578 friendster-terkini-miliki-fitur-mirip-facebook-6sU3L7vshM.jpg Ilustrasi Facebook dan Friendster

JAKARTA – Setelah beberapa waktu menghilang, Friendster kembali dengan wajah baru. Tidak lagi dibuntuti dengan akhiran .com, Friendster.id disebut merupakan karya anak bangsa.

Menurut pengamatan Okezone, Friendster yang dulu identik dengan tema beragam dan testimoni telah berubah menjadi media sosial yang tak jauh berbeda dari Facebook. Tak hanya warnanya yang biru, Friendster.id juga membawa fitur-fitur yang ditawarkan media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut.

Sama seperti di Facebook, pengguna Friendster,id bisa berbagi cerita, video, foto, suara, file maupun lokasi pada teman melalui linimasa. Pengguna juga bisa memberikan komentar, like atau unlike pada postingan teman.

Kesamaan lainnya adalah pengguna bisa memanfaatkan chat yang tersedia di sisi kanan tampilan. Sama seperti Facebook Messenger, pengguna bisa mengirim file melalui chat ini. Meski diberi emoji, chat Friendster sayangnya tidak dilengkapi stiker seperti yang dimiliki Facebook.

Dari sisi desain antarmuka, tak ada yang jauh berbeda antara keduanya. Selain sama-sama menggunakan warna biru, hanya letak rincian tentang profil pengguna saja yang diletakkan di tempat berbeda oleh Friendster. Facebook meletakkan informasi pengguna di sisi kiri sementara Friendster di sisi kanan.

 

Perbedaan lain adalah adanya fitur trending topic yang selama ini dikenal ada di Twitter. Fitur “Populer saat ini” menggunakan hashtag dan berisi postingan-postingan netizen mengenai suatu topic, sama seperti Twitter.

 

Friendster juga memunculkan aktivitas baru yang dilakukan teman atau Anda. Fitur ini dulunya pernah dimiliki Facebook, namun kini tidak dimunculkan lagi.

Di samping itu, Friendster juga masih mengurutkan postingan berdasarkan runutan waktu posting. Ini berbeda dengan Facebook yang sudah mampu merunutkan postingan dimulai dari yang paling populer di jaringan pengguna.

Sekadar informasi, Friendster.id menyebut diri sebagai media sosial yang membantu untuk berbagi asa, cerita, dan tawa bersama orang-orang terpenting dalam hidup Anda. "Sebagai situs jejaring sosial karya anak bangsa, Friendster merupakan sebuah manifestasi dari karakter rakyat Indonesia. Bersama Friendster Anda akan tetap dekat dengan kami, kita, dan mereka. Selamanya," tulis Friendster.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini