Tergabung Ekspedisi Antartika, Geolog UGM Ungkap Misteri Bumi

Agregasi Kamis 17 Maret 2016 11:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 17 56 1338297 tergabung-ekspedisi-antartika-geolog-ugm-ungkap-misteri-bumi-Y1wxR6Q17B.jpg ilustrasi (foto: Okezone)

YOGYA - Geolog Indonesia dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Nugroho Imam Setiawan, mendapat kesempatan langka mengikuti ekspedisi penelitian di Benua Antartika.

Ia akan menjadi geolog pertama dari Indonesia yang akan tinggal menetap di Benua Abu-Abu untuk menyingkap misteri Bumi. Bersama rombongan Japan Antartics Research Expedition, Dosen Teknik Geologi UGM itu akan ikut serta meneliti dinamika geologis di benua terdingin sejagat itu pada masa lalu dan pengaruhnya dalam evolusi Planet Bumi.

Sebagian besar anggota tim ekspedisi berasal dari Jepang. Pria 33 tahun peraih gelar PhD dari Kyushu University, Jepang, pada 2013 itu, menjadi satu-satunya peneliti Indonesia yang terlibat dalam penelitian dari tim geologi itu.

Bahkan, seperti dikutip dari Solopos, Kamis (17/3/2016), ia akan menjadi wakil ASEAN satu-satunya dalam penelitian yang diharapkan menjadi kunci penentu masa depan planet ini.

Kesempatan Nugroho untuk terlibat dalam ekspedisi super langka ini tak datang begitu saja. Selain Nugroho, ada dua peneliti dari negara non-Jepang yang ikut serta dalam ekspedisi itu berasal dari Mongolia dan Sri Lanka.

Untuk bisa mendapat kesempatan ini, peraih gelar Master di Teknik Geologi Institut Teknologi Bandung itu harus menjalani sejumlah seleksi sejak 2011 lalu. Sebetulnya selain tim geologi, ada sekitar 60 ilmuwan yang terlibat dalam ekspedisi ini. Puluhan ilmuwan tersebut terbagi dalam beberapa disiplin ilmu mulai dari biologi, astronomi, glasiologi, oceanografi, geofisika dan lain sebagainya.

Misi ke Antartika yang akan dilakoni Nugroho ini dijadwalkan dilangsungkan dari November 2016 hingga Maret 2017 mendatang, terdiri dari satu bulan perjalanan laut, dua bulan meneliti di daratan Antartika dan satu bulan perjalanan kembali melalui laut.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini