Ini Jadwal Gerhana Bulan Penumbra di Indonesia

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2016 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 23 56 1343735 ini-jadwal-gerhana-bulan-penumbra-di-indonesia-b1iQFNsOAs.jpg Ilustrasi (foto:Reuters)

JAKARTA - Gerhana Bulan penumbra yang terjadi malam ini tentu akan menjadi tontonan menarik masyarakat Indonesia. Pasalnya, fenomena ini kabarnya akan terlihat di seluruh wilayah Indonesia.

Seperti dikutip dari situs BMKG, durasi gerhana dari fase gerhana mulai hingga ke fase gerhana berakhir adalah 4 jam 20,5 menit. Gerhana kali ini dapat dinikmati tanpa perlu menggunakan kacamata pelindung.

Untuk jadwal gerhana Bulan penumbra sendiri akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Sayangnya untuk wilayah Indonesia barat dan tengah tidak dapat menikmati fase awal gerhana dan hanya melihat fase puncak dan akhir, sedangkan untuk wilayah timur dapat melihat keseluruhan proses gerhana.

Di wilayah Indonesia barat, fase puncak terjadi pada pukul 18.47. Bergeser ke wilayah Indonesia Tengah, fase puncak terjadi pada pukul 19.47. Terakhir, wilayah Indonesia timur, fase puncak terjadi pada pukul 20.47.

Perlu diingat fenomena gerhana Bulan penumbra tidak akan membuat Bulan menghilang dari langit, hanya membuat Bulan terlihat lebih redup dari biasanya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini