Begini Kondisi Bulan Saat Gerhana Bulan Penumbra

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2016 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 23 56 1343779 begini-kondisi-bulan-saat-gerhana-bulan-penumbra-0K7bQLjD8W.jpg kiri: Bulan Purnama Biasa ,Kanan : Gerhana Bulan Penumbra (foto:J. Mangelsdorf)

JAKARTA - Langit Indonesia akan tampak berbeda dari biasanya malam ini. Hal ini disebabkan fenomena gerhana bulan penumbra akan menyambangi Indonesia tepat hari ini.

Menurut peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Emanuel Sungging ketika dihubungi Okezone, Rabu (23/3/2016). Gerhana Bulan penumbra tidak akan membuat Bulan hilang dari langit.

"Kalo dilihat dari mata telanjang, gerhana Bulan penumbra mengakibatkan bulan lebih redup mirip tertutup awan," jelas Sungging.

Ia melanjutkan bagi masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana ini diperlukan teleskop untuk melihatnya. Jika menggunakan mata telanjang, agak susah terlihat.

Sekedar informasi, gerhana Bulan penumbra terjadi ketika penampang Bulan tertutup sebagian oleh bayangan Bumi. Hal ini terjadi bila Bumi berada di antara Matahari dan Bulan pada satu garis lurus yang sama.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini