Pemahaman UKM tentang Teknologi Cloud Masih Rendah

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2016 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 31 207 1350563 pemahaman-ukm-tentang-teknologi-cloud-masih-rendah-O5PTrwfjG9.jpg Pemahaman UKM tentang Teknologi Cloud Masih Rendah (Foto: Aditya Gema/okezone)

JAKARTA - Pesatnya pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia patut diapresiasi. Sayangnya, hal tersebut tidak dibarengi dengan pemahaman pelaku UKM terhadap penggunaan teknologi Cloud. Hal itu sangat disayangkan, mengingat komputasi awan dapat menjadi kunci pertumbuhan usaha mereka.

Hal itu dikatakan Tony Seno Hartono, Nasional Technologi Officer, Microsoft Indonesia dalam acara Cloud Computing Master Class di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Menurutnya, pemahaman mengenai komputasi awan dari pelaku UKM di Indonesia sangatlah rendah. Berdasarkan riset MARS, hanya sekira 2.6% pelaku UKM yang mengetahui komputasi awan.

"Ketidaktahuan pelaku usaha menjadi alasan utama keengganan mereka pindah ke Cloud. Pelaku usaha cenderung meragukan keamanan dari teknologi ini," ujar Tony.

Selama ini, pelaku UKM masih menggunakan teknologi sebatas untuk keperluan website dan media sosial. Padahal, komputasi awan memungkinkan pelaku usaha untuk mengelola dan menganalisa data lebih mudah.

Sesuai dengan namanya, cloud dikenal dengan kemampuannya untuk menyimpan data di mana saja. Pelaku juga dapat mengubah konten secara langsung di Cloud. Mehami data-data ini akan mempermudah pelaku usaha menetapkan strategi bisnis ke depan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini