Penelitian Siswa Asal Papua Siap Dibawa NASA ke Antariksa

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2016 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 31 56 1350709 penelitian-siswa-asal-papua-siap-dibawa-nasa-ke-antariksa-oPlIrTN9ge.jpg (Foto: Screenshot)

JAKARTA - Setelah ramai diberitakan proyek penelitian hasil karya para siswa SMA Unggul DEL pekan lalu yang mempelajari pertumbuhan ragi (yeast) di luar angkasa, kini siswa SMA Advent Doyo Baru ikut mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Di akun Facebook milik Noldy Worone, cukup banyak netizen yang berbagi informasi mengenai dua siswa SMA Advent Doyo Baru, yakni Bob Kaway dan Thinus Lamek Yewi. Hasil penelitian keduanya dinyatakan lolos flight test NASA yang ketat dan dinyatakan boleh diluncurkan ke International Space Station (ISS).

"Untuk melakukan penelitian bersama NASA yang tergabung sebagai tim 20 peneliti muda Indonesia, dan hasil penelitian mereka akan dipresentasikan di Annual Conference of the American Society for Gravitational and Space Research di Washington DC dalam bulan November 2016," tulis akun Facebook Noldy Worone.

Terdapat dua eksperimen. Satu eksperimen mengenai pertumbuhan ragi di luar angkasa dalam kondisi nol gravitasi. Kemudian eksperimen yang melibatkan tanaman padi.

Nah, Bob dan Thinus tergabung dalam tim peneliti untuk tanaman padi. Eksperimen ini dinamakan "how to grow rice in space".

Seperti diberitakan sebelumnya, kedua kelompok siswa ini menyiapkan perangkat eksperimen dalam bentuk micro-lab tersebut selama enam bulan terakhir. Pada Januari berhasil lolos flight-test NASA yang sangat ketat dan boleh diluncurkan ke International Space Station (ISS) dengan menumpang kapal kargo Cygnus.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini