nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

E-commerce Perlu Tingkatkan Sistem Keamanan Cyber

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 13 April 2016 14:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 13 207 1361749 e-commerce-perlu-tingkatkan-sistem-keamanan-cyber-5SvQ3OPoaq.jpg Pakar keamanan cyber, Pratama Persadha (Foto: CISSreC)

JAKARTA - Netizen sempat dihebohkan perihal bobolnya beberapa akun Lazada di Indonesia. Lazada sendiri mengklaim bahwa sistemnya tidak jebol.

Menurut Lazada, kemungkinan besar adanya phising terhadap akun korban, sehingga peretas berhasil mengambil username dan password.

Pakar keamanan cyber Pratama Persadha dalam keterangan persnya, Rabu (13/4/2016) menjelaskan bahwa yang paling utama adalah peningkatan keamanan pada sistem e-Commerce. Menurutnya tidak bisa begitu saja menyalahkan konsumen sebagai pengguna.

“e-Commerce ini industri besar di era digital, tentu harusnya punya modal kuat untuk meningkatkan keamanan pada sistem mereka. Kalau benar phising, minimal pada sistem e-Commerce bisa mendeteksi awal dan secara otomatis mengaktifkan model keamanan two factor authentification misalnya,” jelas Pratama.

Ditambahkan olehnya, penggunaan kartu kredit dalam proses pembayaran adalah salah satu yang diincar oleh peretas. Karena itu, perlu mendapat perhatian cukup serius dari para pelaku e-Commerce di tanah air.

“Masih ada e-Commerce yang dalam transaksi lewat kartu kredit tidak menggunakan otentifikasi tambahan lewat nomor seluler misalnya, jelas ini sangat disayangkan. Lalu sejauh mana pengamanan informasi kartu kredit, publik sebagai konsumen juga harus diberitahu dan diyakinkan,” terangnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini