Pesawat Bertenaga Matahari Sukses Mendarat di California

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Senin 25 April 2016 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 24 56 1371372 pesawat-bertenaga-matahari-sukses-mendarat-di-california-RnyzXk4LX2.jpg Solar Impulse 2 (foto: Endgadget)

CALIFORNIA - Dalam rangka mengelilingi dunia, pesawat eksperimental bertenaga matahari akhirnya mendarat di benua Amerika. Pesawat ini berangkat dari Hawaii dan sampai di california dalam waktu tiga hari.

Pesawat ini mendarat pada 23 April 2016 di Moffet Field, San Francisco. Solar Impulse 2 terbang dari kalaelola, Hawaii, pada 21 April. Untuk menyeberangi Samudera Pasifik, pesawat ini membutuhkan waktu sekira tiga malam.

Selama perjalanan, Pilot Bertrand Piccard harus melakukan istirahat singkat agar pesawat tidak keluar arah dalam perjalanan sejauh 4.372 kilometer. Bertrand harus menjaga konsentrasi dalam ruang kokpit yang kecil.

Sebelum melakukan perjalanan ini, pesawat sempat mengalami kendala teknis di bagian baterai. Tim teknisi harus memperbaiki bagian yang rusak selama beberapa hari. Untungnya masalah itu cepat terselesaikan.

Setelah sampai di Amerika Serikat, sang pilot akan beristirahat untuk beberapa hari dalam rangka memulihkan kondisi. Berikutnya, Solar Impulse 2 akan berangkat ke Eropa untuk menempuh perjalanan sejauh 5.738 kilometer.

Seperti diketahui, Solar Impulse 2 sedang melakukan misi keliling dunia. Perjalanan dimulai dari Abu dhabi pada 9 Maret 2015. Demikian seperti dikutip dari Engadget, Minggu (24/4/2016).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini