Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

15 Game Berbahaya Dilarang Dimainkan Anak-Anak

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 02 Mei 2016 20:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 05 02 326 1378593 15-game-berbahaya-dilarang-dimainkan-anak-anak-MKRAiTpwI4.jpg (Foto: Knowyourmobile)

JAKARTA - Beberapa game yang bisa dimainkan di PC atau konsol game, mengandung unsur-unsur kekerasan, bahkan adegan dewasa yang tidak pantas dikonsumsi anak-anak. Website sahabatkeluarga.kemdikbud telah mengungkap daftar 15 game yang dilarang.

Daftar game ini antara lain, World of Warcraft, Grand Theft Auto (GTA), Call of Duty, Point Blank, Cross Fire, War Rock, Counter Strike, Mortal Combat, Future Cop, Carmageddon, Shelshock, Raising Force, Atlantica, Conflict Vietnam dan Bully.

Website lebih lanjut mengungkapkan, penelitian Iowa State University Amerika Serikat menunjukkan bahwa bermain game yang mengandung kekerasan selama 20 menit dapat "mematikan rasa".

“Anak akan mudah melakukan kekerasan dan kehilangan empati kepada orang lain,” ujar Wahyu Farrah Dina, Direktur Indonesia Heritage Foundation pada Seminar Pendidikan Keluarga Duta Oase Cinta Kemendikbud baru-baru ini.

Pelarangan terhadap sejumlah game online ini menciptakan petisi. Baru-baru ini petisi dengan tajuk 'pemblokiran permainan berbasis elektronik bukan solusi terbaik' muncul di change.org

Tertampil, petisi kini telah mencapai lebih dari 2.800 pendukung. Petisi menunggu hingga mencapai jumlah 5.000 pendukung.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini