Teknologi SkinTrack Jadikan Kulit Sebagai Layar Sentuh

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 06 Mei 2016 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 06 207 1381667 teknologi-skintrack-jadikan-kulit-sebagai-layar-sentuh-eRXVtiyL97.jpg Teknologi {SkinTrack} Jadikan Kulit Sebagai Layar Sentuh. (Foto: Techradar)

CALIFORNIA - Kecanggihan teknologi diprediksi tidak akan akan lagi bergantung pada sebuah perangkat elektronik, pasalnya baru-baru ini Google dan Sony dikabarkan tengah mengerjakan proyek lensa kontak pintar yang dapat dipakai pada mata pengguna guna kebutuhan medis maupun inovasi pada bidang visualisasi seperti kamera.

Kali ini, sebuah teknologi baru muncul dengan konsep seperti layar sentuh pada layar gadget, namun memiliki media yang berbeda yaitu kulit. Inovasi yang digawangi oleh salah seorang ilmuwan dari Universitas Future Interfaces Group, Carnegie Mellon, tersebut dinamakan dengan SkinTrack.

Dilansir dari Techradar, Jum'at (6/5/2016), SkinTrack memungkinkan pengguna untuk menggeser (Swipe), menarik (Drag), menekan (Press), dan bahkan menggambar pada kulit seperti melakukannya pada teknologi layar sentuh.

Kinerja dari teknologi tersebut ialah sepasang elektroda yang mampu membaca pancaran sinyal dan menganggap jari telunjuk adalah sebuah stylus. Elektroda tersebut mengikuti pergerakan poros X dan Y pada permukaan kulit bahkan saat tertutup kain dengan mengubah gerakan menjadi sebuah perintah.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini