Serangga Terpanjang Ditemukan di China

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Senin 09 Mei 2016 14:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 05 09 56 1383597 serangga-terpanjang-ditemukan-di-china-0nufOc6GUH.jpg (foto:News.CN)

CHENGDU - Para ilmuwan China berhasil menemukan spesies serangga baru yang diklaim memiliki tubuh terpanjang di dunia. Serangga ini juga diketahui memiliki bentuk seperti tongkat.

Zhao Li bekerja sama dengan Museum Serangga Tiongkok di Chengdu menemukan serangga berbentuk tongkat dengan panjang 62,4 cm. Penemuan ini juga berhasil mencetak rekor sebagai serangga terpanjang di dunia.

Pemegang rekor sebelumnya adalah serangga tongkat dari Malaysia yang memiliki panjang 56,7 cm dan saat ini disimpan di museum sejarah alam di London.

Zhao Li menjelaskan bahwa ia sudah melakukan pencarian sejak tahun 1998. Ia memulai ekspedisi ini setelah seorang petani memberitahu adanya serangga yang memiliki bentuk seperti tongkat, namun baru kali ini ia melihatnya secara langsung.

"Saya sedang melakukan ekspedisi di Guangxi pada ketinggian 1.200 meter. Ketika itu, tiba-tiba muncul bayangan seperti ranting pohon," jelas Zhao saat menceritakan kronologis penemuan.

Seperti dikutip dari Xinhua, Senin (9/5/2016), serangga ini telah memiliki nama latin Phryganistria Chinensis Zhao dan tesis yang membahasnya akan segera diterbitkan.

(kem)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini