Ilmuwan Ciptakan Drone Lalat yang Bisa Hinggap

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2016 20:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 05 20 56 1393968 ilmuwan-ciptakan-drone-lalat-yang-bisa-hinggap-JwpjCpxfIi.gif Ilmuwan Ciptakan Drone Lalat yang Bisa Hinggap (Foto: NPR)

HARVARD – Sebuah tim ilmuwan telah mengembangkan robot lalat dengan ukuran seperti lalat sesungguhnya. Tak hanya itu, robot drone tersebut juga memiliki kemampuan hinggap.

Ilmuwan di Microrobotics Laboratory Harvard meniru bentuk asli para lalat untuk drone mereka. Drone ini membawa kamera yang menyediakan beberapa titik pandang pada bencana atau memperbaiki jaringan komunikasi.

Robot lalat bekerja, tetapi mereka juga menyedot banyak energi jika tetap mengudara. Sementara itu, robot bisa mendapatkan daya dari kabel yang terpasang ke tanah, namun ilmuwan telah menemukan cara untuk lebih banyak menyimpan tenaga.

Para peneliti membuat robot mereka hinggap di permukaan dinding tak ubahnya seperti lalat yang mampu hinggap. Bertengger menghemat seribu kali lebih energi daripada melayang. Menyempurnakan teknik hinggap secara dramatis bisa memperpanjang waktu robot lalat beroperasi di lapangan.

Ketika robot bertengger, dia bekerja menggunakan listrik statis. Setiap drone membawa elektroda tembaga kecil di atas kepalanya. Ketika elektroda diberi energi, ia menciptakan listrik statis yang menempelkan robot ke permukaan. Mematikan elektroda membuat drone kecil kembali ke melayang. Demikian seperti dilansir dari NPR, Jumat (20/5/2016).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini