Fitbit Digugat Gara-Gara Data Detak Jantung Tak Akurat

Dini Listiyani, Jurnalis · Senin 23 Mei 2016 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 23 207 1395774 fitbit-digugat-gara-gara-data-detak-jantung-tak-akurat-5BaY2t1efp.jpg Fitbit (Foto: Ubergizmo)

CALIFORNIA – Perangkat wearable FitBit bisa digunakan sebagai pelacak detak jantung. Namun, pelacak detak jantung ini justru membawa Fitbit ke masalah hukum.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh firma hukum Lieff Cabraser, menemukan bahwa data detak jantung Fitbit ini tidak akurat sebanyak 20bpm. Ini adalah perbedaan besar karena seseorang bisa berpikir bahwa tingkat 80bpm mengindikasikan serangan jantung.

Sedangkan data pada FitBit menunjukkan 100bpm. Padahal pengguna tidak melakukan aktivitas apapun.

Namun yang perlu diperhatikan, studi ini menggunakan sedikit sampling pengguna dan mereka hanya diuji sekali saja. Artinya tes selanjutnya bisa saja menghasilkan hasil yang berbeda. Perbedaan dalam data detak jantung itulah penyebab firma hukum itu menjalankan gugatan terhadap perusahaan.

Tidak jelas, mengapa ada semacam perbedaan besar. Namun untuk saat ini muncul spekulasi, masalah mungkin ada kaitannya dengan algoritma Fitbit dibanding dengan teknologi yang sebenarnya digunakan untuk mengukur detak jantung. Demikian sebagaimana dilansir Ubergizmo, Senin (23/5/2016).

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini