Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Produsen Smartphone yang Menggandeng Foxconn

Arsan Mailanto, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2016 13:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 05 25 207 1397355 daftar-produsen-smartphone-yang-menggandeng-foxconn-6PHgbw0TFM.jpg Foxconn Menjadi Pabrik Kontraktor Elektronik (Foto: Istimewah)

JAKARTA - Foxconn menjadi pabrikan kontraktor elektronik dan menjadi perusahaan teknologi informasi terbesar ketiga di dunia dalam hal pendapatan. Manufaktur yang bermarkas di Taiwan tersebut masuk dalam 32 perusahaan teratas pada Forbes 500, dengan revenue USD148 billion dan jumlah karyawan sekitar 1,5 juta.

Foxconn sudah booming dikarenakan dominasinya sebagai manufaktur oursourcing dari Eropa, Jepang, dan Amerika yang ingin mengurangi biaya tenaga kerja tanpa mengorbankan kualitas.

Nama Foxconn semakin melambung berkat dikenal sebagai pabrikan untuk iPhone dan iPad. Apple memang telah menjadi klien utama sekaligus yang terbesar. Namun siapa sangka, beberapa perusahaan terkemuka yang mempercayakan produknya untuk dibuat di Foxconn.

Melalui keterangan resmi kepada Okezone, Rabu(25/5/2016), perusahaan ini yang memproduksi smartphone. Selain Apple, perusahaan lainnya seperti Amazon, Sony, BlackBerry dan kemudian pada tablet memproduksi iPad, Amazon Kindle, dan Sony Xperia.

Tak hanya di smartphone dan tablet saja, namun perusahaan juga memperluas cakupannya sebagai manufaktur untuk teknologi Internet of Things (IoT) dengan memproduksi perangkat PC, display, TV, printer, server, switches, set-top-box, gaming, base station, electronic vehicle, dan robot.

Akuisisi yang dilakukan terhadap Sharp pada Maret lalu senilai USD3,5 miliar atau setara Rp46 triliun untuk dua pertiga saham tak lepas dari upaya perusahaan untuk semakin memperkuat pengaruhnya di sektor manufaktur.

Ini memberikan kesempatan untuk menguasai teknologi layar besutan Sharp yang diklaim berkualitas tinggi. Terlebih, Sharp memiliki beberapa paten kunci berhubungan dengan layar yang akan dimanfaatkan Foxconn saat memperluas bisnis panel layarnya.

(kem)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini