Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Foxconn Gantikan 60 Ribu Pekerjaan dengan Robot

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2016 14:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 05 27 207 1399286 foxconn-gantikan-60-ribu-pekerjaan-dengan-robot-Fq38kEq66w.jpg Foxconn Gantikan 60 Pekerjaan dengan Robot (Foto: Geek)

BEIJING – Foxconn telah mendesain lengan robotik untuk digunakan  di pabriknya selama bertahun-tahun, namun presisinya belum terlalu bagus untuk menggantikan manusia.

Kendati demikian, keadaan telah berubah dan Foxconn siap menggantikan 60 ribu pekerjaan yang dilakukan 110 ribu orang dengan robot. Geek, Jumat (27/5/2016), memberitakan bahwa Foxconn melakukan ivestasi robotic ini dalam pertimbangan pengeluaran gaji karyawan jangka panjang.

Perusahaan yang menjadi rekanan Apple, Samsung, Sony, dan banyak lainnya ini mengelak bahwa perkenalan robot ini akan membuat jumlah pekerja manusia perusahaan semakin sedikit. Klaim ini tentu saja tidak masuk akal, namun perusahaan bersikeras bahwa Foxconn tetap akan menggunakan manusia dalam pabrik seperti riset dan control kualitas.

Lebih lanjut, perusahaan China ini juga menyebutkan bahwa robot akan melakukan tugas repetitif yang berhubungan dengan manufacturing elektronik. Mereka mungkin akan menangani tugas seperti menghubungkan kabel, memasukkan mur, dan menempatkan board.

Hingga saat ini, Foxconn masih mempekerjakan banyak pegawai namun jumlah itu tentu akan terjun. Padahal sebelumnya, Foxconn pernah diberitakan memberikan gaji terlalu kecil hingga beberapa karyawan nekad bunuh diri dari atap pabrik.

(kem)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini