Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Uji Jaringan Smartfren di Jalur Cirebon-Purwokerto

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2016 12:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 05 27 54 1399178 hasil-uji-jaringan-smartfren-di-jalur-cirebon-purwokerto-7LwajowftR.jpg (Foto: Screenshot)

YOGYAKARTA - Sebagai langkah antisipasi melonjaknya penggunaan data di mudik lebaran 2016 dan monitoring jaringan, Smartfren mengadakan uji jaringan 4G VoLTE. Uji jaringan ke sepanjang jalur mudik Jakarta-Yogyakarta yang juga melintasi area Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil pantauan Okezone selama perjalanan dari Jakarta-Yogyakarta, terdapat beberapa daerah yang masih memiliki kualitas jaringan VoLTE cukup lemah. Daerah tersebut di antaranya jalur Cirebon - Bumiayu - Purwokerto.

Di jalur tersebut sinyal dan jaringan VoLTE masih naik-turun. Beberapa kali uji coba menggunakan aplikasi nPerf hasil download dan upload menunjukkan angka di bawah 2 Mbps. Selain itu terkadang juga mendapati kehilangan koneksi.

Melewati area purwokerto, kualitas jaringan sedikit mengalami peningkatan. Kali ini hasil test aplikasi nPerf menunjukkan kecepatan download sebesar 2,18 Mbps, Upload 2,53 Mbps, Browsing 29,30 persen dan Streaming 70,03 persen.

Menjelaskan penyebab hal tersebut, VP Technology Relations and Special Project PT Smartfren Telecom, Munir SP, mengatakan penurunan kualitas jaringan tersebut diakibatkan oleh BTS di wilayah jalur tersebut memiliki masing-masing jarak yang masih jauh.

"Kita masih memiliki kekurangan di sepanjang jalur Cirebon-Purwokerto. Di sana kualitasnya memang menurun karena jarak BTS-nya masih jauh. Tapi dalam waktu 2 minggu sebelum lebaran akan mulai ada penambahan BTS yang on-air," ujar Munir.

Sebagai informasi, hasil uji jaringan yang dilakukan tersebut secara mobile menggunakan kereta api dan dilakukan dengan mengambil data kecepatan rata-rata di sepanjang jalur Cirebon - Purwokerto. Sedangkan aplikasi nPerf sendiri dipilih karena memiliki fitur pengukuran yang cukup lengkap.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini