Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Uji Jaringan Smartfren Jakarta-Yogyakarta

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2016 19:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 05 27 54 1399635 hasil-uji-jaringan-smartfren-jakarta-yogyakarta-5d6cw84GNf.jpg (Foto: Moch Prima Fauzi/Okezone)

YOGYAKARTA - Untuk mengantisipasi peningkatan data dan persiapan layanan selama musim mudik 2016, Smartfren mengadakan uji jaringan 4G VoLTE miliknya di jalur mudik sepanjang Jakarta hingga Yogyakarta. Kegiatan tersebut sebagai monitoring jangkauan dan kualitas dari jaringan VoLTE Smartfren.

Okezone berkesempatan untuk menjajal kualitas jaringan Smartfren mulai dari Jakarta hingga Yogyakarta. Berdasarkan hasil presentase penilaian kualitas jaringan sepanjang jalur tersebut, Smartfren memiliki jaringan 4G VoLTE dengan label Good sebanyak 21,7 persen.

Presentase kualitas jaringan dengan label Fair mendapatkan hasil 69,6 persen. Sedangkan kualitas jaringan dengan label Weak mendapatkan presentase 8,7 persen.

Masing-masing label di atas mewakili penilaian kualitas baik untuk Good, Fair untuk stabil, dan Weak untuk merepresentasikan kualitas jaringan buruk.

"Jadi secara keseluruhan kita memiliki kualitas jaringan yang cukup baik. Meski ada blank spot di sekitar Cirebon-Purwokerto, namun secara rata-rata kita punya jaringan yang stabil. Di daerah hutan-hutan saja bisa video calling bahkan video conference," ujar Munir SP, VP Technology Relation and Special Project PT Smartfren Telecom.

"Yang penting itu jaringan stabil dan merata, tidak seperti satu wilayah bagus sekali satu wilayah lagi jelek sekali. Setelah uji coba ke daerah Yogya-Wonosari kami yakin jaringan VoLTE ke pedesaan pun akan lancar," tambahnya.

Saat ini di sepanjang jalur Jakarta-Cirebon-Purwokerto-Kebumen-Yogyakarta memiiki total BTS Smartfren sebanyak 194 dengan rincian 181 BTS aktif, dan 13 BTS masih off-air.

Hasil uji menggunakan aplikasi Speedtest di Yogyakarta menunjukkan hasil kecepatan download sebesar 38,96 Mbps dan upload 6,38 Mbps. Sementara di aplikasi nPerf menunjukkan angka download sebanyak 46,17 Mbps, upload 7,37 Mbps, Browsing dan Streaming masing-masing mendapat hasil 61,05 persen dan 83,36 persen.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini