Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melalui Carrier Aggregation, Smartfren Siapkan Internet 214 Mbps

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 30 Mei 2016 11:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 05 30 54 1401077 melalui-carrier-aggregation-smartfren-siapkan-internet-214-mbps-GT4omY4zQm.jpg Melalui Carrier Aggregation, Smartfren Siapkan Internet 214 Mbps. (Foto: Moch. Prima Fauzi/Okezone)

YOGYAKARTA - Smartfren berencana menghadirkan internet berkecepatan 214 Mbps. Hal tersebut berkat penerapan carrier aggregation jaringan 4G LTE yang menggunakan dua frekuensi berbeda yakni 2.300 MHz dan 850 Mhz menjadi tiga kanal frekuensi.

Nantinya, ponsel selain Andromax bakal merasakan internet berkecepatan 214 Mbps tersebut. Syaratnya, ponsel tersebut memiliki dukungan 4G LTE Cat 9 seperti Samsung Galaxy Note 5 dan Galaxy S7. Munir SP, VP Technology Relations and Special Project PT Smartfren, mengatakan ke depannya bakal ada handset lain yang akan melakukan bundling dengan Smartfren.

"Untuk saat ini kami telah melakukan bundling dengan Samsung Galaxy S7 dan Galaxy Note 5. Ke depannya ada brand lain juga yang akan melakukan bundling dan sudah mendukung carrier aggregation ini, namun untuk saat ini belum bisa saya sebutkan," paparnya.

Carrier aggregation menggunakan frekuensi 20 MHz dan 10 MHz yang menggunakan teknologi TDD (time division duplex) dan 10 MHz di teknologi FDD (frequency division duplex) sehingga diperkirakan akan memiliki kecepatan internet mencapai 214 Mbps. Namun, menurut Munir, pada kenyataannya bisa lebih maupun bisa kurang dari 214 Mbps.

Smartfren sendiri telah melakukan uji jaringan selama dua dari Jakarta menuju Yogyakarta pada Rabu 25 Mei dan Jumat 26 Mei. Pengujian tersebut melalui rute mudik dari Jakarta, Cirebon, Purwokerto, hingga Yogyakarta di hari pertama. Sedangkan di hari kedua, uji jaringan dilakukan melalui rute Yogyakarta, Wonosari, hingga objek wisata Goa Kali Suci.

Hasilnya secara umum, kualitas sinyal di sepanjang rute Jakarta-Yogyakarta memiliki presentase 21,7 persen dengan kualitas bagus, 69,6 persen dengan kualitas sedang, dan 8,7 persen dengan kualitas yang kurang baik. Dari 8,7 persen tersebut masih terdapat blank spot di sekitar Cirebon-Purwokerto karena jarak BTS yang berjauhan. Namun, Smartfren telah menyiapkan BTS tambahan untuk antisipasi membludaknya penggunaan data saat mudik lebaran nanti.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini