Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Radeon RX 480, Prosesor Grafis Sokong Kemampuan VR

Arsan Mailanto, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2016 17:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 03 207 1405692 radeon-rx-480-prosesor-grafis-sokong-kemampuan-vr-QCMdg5ONcH.jpg Raja Koduri, Wakil Presiden Senior dan Kepala Arstitek, Grup Teknologi Radeon AMD (Foto: Pocket-lint)

JAKARTA - AMD telah mengumumkan kartu grafis Radeon RX Series berbasis arsitektur Polaris. Kartu grafis terbaru tersebut mendukung kinerja perangkat VR.

Radeon RX 480 memberikan kemampuan premium Virtual Reality (VR) dengan harga cukup menakjubkan, dibanderol harga USD199 atau setara Rp2,7 juta untuk edisi 4 GB.

Perangkat ini akan dirilis dan tersedia pada 29 Juni. Radeon RX 480 akan memberikan solusi kartu grafis terjangkau di dunia untuk pengalaman premium PC VR, serta kemampuan VR di GPU seharga USD500 (Rp6,7 juta).

Raja Koduri, Wakil Presiden Senior dan Kepala Arsitek, Grup Teknologi Radeon AMD mengatakan, VR adalah pengembangan yang dinantikan dalam komputasi dan merupakan realisasi dari visi AMD Cinema 2.0 pada 2008 yang memperkirakan konvergensi pengalaman dan interaktivitas mendalam.

“Saat kita melihat untuk sepenuhnya terhubung dan mendalami kemanusiaan melalui VR, biaya tetap yang menjadi pemisah antara VR yang hanya untuk pengguna tertentu, dan universal akses bagi semua orang,” ujarnya melalui pernyataan resmi kepada Okezone, Jumat (3/6/2016).

“Radeon RX Series adalah teknologi pengalih yang menambahkan bahan bakar untuk meluncur ke titik balik VR, mengubahnya menjadi sebuah teknologi dengan transformasional yang relevan dengan konsumen,” tambahnya.

AMD berharap harga yang agresif akan memacu pertumbuhan PC VR TAM dan mempercepat laju penurunan harga VR headset, VR yang lebih terjangkau pada notebook dan desktop.

“Kami berharap bahwa PC VR terjangkau yang dimungkinkan dengan kartu grafis berbasis arsitektur Polaris akan mendorong berbagai pilihan VR yang sudah tersedia di notebook dan desktop,” ucap Raja.

Sejauh ini, ritel belum menjadi saluran yang layak untuk penjualan VR di mana biaya sistem rata-rata melebihi USD999. “Kartu grafis Radeon RX Series memungkinkan OEM membangun harga ideal untuk VR tersedia di notebook dan desktop yang cocok untuk pasar ritel PC,” pungkasnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini