Modernisasi Tata Kelola Rumah Sakit dengan SAP Healthcare

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2016 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 07 207 1408889 modernisasi-tata-kelola-rumah-sakit-dengan-healthcare-Sd6qHyrWoT.jpg Modernisasi Tata Kelola Rumah Sakit dengan Healthcare

JAKARTA - Tata kelola sebuah rumah sakit adalah salah satu poin penting yang menjadi perhatian para calon pasien. Sayangnya, tidak semua rumah sakit di Indonesia memiliki sistem manajemen yang baik.

Selain masalah tata kelola rumah sakit yang buruk, gaya hidup masyarakat Indonesia yang semakin tidak sehat menyebabkan banyak warga menderita beragam penyakit. Berkaca dari hal itu, SAP datang dengan membawa solusi SAP Healthcare.

"Di Amerika Serikat terdapat 1.000 kasus kematian pasien akibat malapraktik. Di Indonesia juga sering kita dengar kasus serupa, maka dari itu SAP datang untuk menawarkan solusi manajemen rumah sakit yang lebih baik," ujar Andy David, Healthcare Director for Asia Pasific Japan SAP di Jakarta, Selasa (7/6/2016).

Solusi SAP membantu organisasi kesehatan berjalan lebih baik dengan memungkinkan pengalaman kesehatan pribadi melalui data yang terintegrasi dan kemampuan analitis medis yang kolaboratif. Lebih lanjut solusi SAP membantu menyediakan akses real-time ke informasi yang relevan terkait pasien.

Dengan menggunakan solusi Healthcare dari SAP, manajemen rumah sakit dapat bekerja lebih cepat dalam melayani pasien. Solusi yang ditawarkan SAP sendiri terdiri dari tiga kelompok utama.

Pertama adalah Entreprise Resource Planning. Dalam kategori ini, rumah sakit dapat mengatur keuangan, inventaris, dan logistik. Solusi ini dapat dibilang inti dari ketiga solusi yang ditawarkan oleh SAP.

Solusi berikutnya Patient Managementnya. Dalam kategori ini, segala hal yang berhubungan dengan administrasi pasien dapat terlayani dengan lebih cepat. Sistem ini juga mencakup sistem pembayaran konsumen.

Solusi terakhir yang ditawarkan adalah Electronic Medical Record. Dalam paket ini segala hal yang berkaitan dengan sejarah penyakit sang pasien dapat tersimpan rapi sehingga rumah sakit tidak perlu lagi mendiagnosa ulang sang pasien.

"Solusi dari SAP dapat menekan ongkos rumah sakit, namun di sisi lain meningkatkan pendapatan rumah sakit. Selain itu cara kerja rumah sakit menjadi jauh lebih efisien,"pungkas Andy.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini