Samsung Kembangkan Panel Layar QLED

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2016 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 07 57 1408904 samsung-kembangkan-panel-layar-qled-FCy04OnaHD.jpg Samsung Kembangkan Panel Layar QLED. (Foto: Moch Prima Fauzi/Okezone)

SEOUL – Laporan dari Bussiness Korea mengatakan bahwa Samsung kemungkinan akan merilis TV QLED dalam dua tahun mendatang. Selain itu, teknologi QLED juga akan dipasang pada perangkat TV unggulan milik Samsung di generasi selanjutnya.

Samsung Display, departemen perusahaan yang menangani masalah layar, telah menghentikan penelitiannya dengan teknologi LCD. Perusahaan tersebut juga menekankan tidak akan merilis kembali TV dengan teknologi layar OLED dan lebih memilih beralih pada teknologi terbaru mereka QLED.

Dilansir dari Sam Mobile, Selasa (7/6/2016), teknologi Quantum Dot SUHD TV Samsung saat ini, membutuhkan cahaya backlight yang terpisah guna menyinari piksel-pikselnya. Namun, teknologi QLED Samsung mengombinasi Quantum Dot dengan OLED, sehingga tidak membutuhkan lagi cahaya backlight.

Selain itu, teknologi panel QLED juga memiliki siklus hidup yang lebih panjang dan memiliki harga produksi yang lebih rendah dibanding panel OLED. "Saat ini, kami mengembangkan material quantum dot yang digunakan untuk panel QLED. TV QLED dengan teknologi quantum dot akan dirilis dalam tiga sampai lima tahun ke depan," kata Jason Hartlove, CEO dari Nanosys.

Saat ini, Samsung sendiri telah memiliki TV unggulan di kasta teratas dengan seri KS9000 yang memiliki layar lengkung dan sudut penglihatan 4,2 derajat. Selain itu, desainnya sendiri memiliki ketebalan yang cukup tipis. Layarnya memiliki teknologi Quantum Dot SUHD dengan saturasi warna yang tajam dan lebih kaya berkat fitur High Dynamic Range yang dimilikinya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini