Pemerintah Akan Uji Coba TV Digital di 20 Kota

Arsan Mailanto, Jurnalis · Kamis 09 Juni 2016 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 09 207 1410789 pemerintah-akan-uji-coba-tv-digital-di-20-kota-IC2dZ9iT4z.jpg Pemerintah Dukung Uji Coba TV Digital di 20 Kota (Foto: Dok. Kominfo)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, menghadiri penandatangan nota kesepahaman antara Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI dengan 36 Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) sebagai penyedia konten terkait uji coba TV digital.

“Bagi pemerintah digitalisasi merupakan sesuatu yang harus terjadi. Kita malu dengan negara tetangga yang penduduknya sedikit saja sudah migrasi ke digital," ujar Menteri di Ruang Roeslan Abdulgani Kominfo, Kamis (9/6/2016).

"Sehingga melalui uji coba ini kita perlu temu kenali penyebab masalah yang mungkin muncul. Uji coba TV digital ini juga terkait dengan revisi UU Penyiaran yang berbasis digital," tambahnya.

Uji coba TV digital ini sendiri merupakan implementasi Peraturan Menteri Nomor 5 Tahun 2016 tentang Uji Coba Teknologi Telekomunikasi, Informatika, dan Penyiaran. Di mana beberapa jenis teknologi perlu dilakukan uji coba, di antaranya TV digital metode SFN (single frequency network) dan MFN (multi frequency network).

Sementara, Direktur Utama LPP TVRI, Iskandar Achmad menjelaskan, uji coba TV Digital Terestrial ini merupakan uji coba nonkomersial yang akan dilakukan di 20 kota mulai 15 Juni hingga 15 Desember 2016 setiap harinya pada pukul 04.00-02.00 WIB.

“LPP TVRI akan menyediakan infrastruktur multipleksing, sedangkan LPS mendukung pelaksanaan uji coba dengan menyediakan konten siaran nonkomersial," ungkapnya dalam kesempatan yang sama seperti disitat dari laman resmi Kominfo.go.id.

Diharapkan melalui uji coba TV Digital Terestrial akan diperoleh masukan dari aspek teknis dan nonteknis meliputi kinerja perangkat dan sistem penyiaran multipleksing, perencanaan dan konfigurasi jaringan SFN, MFN, atau gabungan SFN dan MFN.

Model bisnis penyelenggaraan siaran televisi digital, model regulasi dan kelembagaan, sosialisasi dan kesiapan para pemangku kepentingan dan mekanisme penyediaan, serta distribusi set top box.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini