Keberadaan Valak Disebutkan dalam Naskah Kuno

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2016 20:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 15 56 1416213 keberadaan-valak-disebutkan-dalam-naskah-kuno-TXepxz6Oa9.jpg Keberadaan Valak Disebutkan Dalam Naskah Kuno. (Foto: Live Scifi)

WASHINGTON - Valak, salah satu sosok iblis yang ada di film horor The Conjuring 2, saat ini tengah naik daun. Hal tersebut terlihat dari mulai banyaknya meme-meme yang beredar di media sosial tentang sesok hantu biarawati tersebut.

Namun tahukah Anda, ternyata sosok Valak yang ada dalam film tersebut telah digambarkan dalam beberapa naskah kuno. Sebagaimana dilansir Live Scifi, Rabu (15/6/2016), penggambaran dari sosok iblis tersebut digambarkan pada tiga naskah kuno yakni Dictionnaire Infernal, Pseudomonarchia Deamonum, dan book of Goetia.

Dari semua naskah tersebut, Valak dikatakan memimpin sedikitnya 30 pasukan dan dipercaya memiliki kekuatan yang dahsyat. Sosok iblis tersebut umumnya menampakkan diri sebagai seorang anak kecil dengan sayap malaikat dan menunggangi seekor naga berkepala dua.

Dalam naskah Dictionnaire Infernal yang ditulis Collin de Plancy (1863), mendefinisikan Volac, Valak, Valac, adalah pemimpin tertinggi neraka dan memimpin 30 pasukan yang berwujud seorang anak kecil menunggangi seekor naga berkepala dua.

Sedangkan dalam naskah Goetia karya S. L. MacGregor Mathers (1904), menyebutkan bahwa Valak, Volac, atau Valu bertugas sebagai pemberi jawaban tentang harta tersembunyi dan mengatakan tempat di mana naga berada. Selain itu ia juga akan membawa kedalam ahli pengusir setan tanpa paksaan dan kekuatan yang ia pekerjakan. Valak juga disebut memerintah 38 pasukan jiwa dan menyegelnya.

Sementara menurut naskah Pseudomonarchia daemonum karangan Johann Wier (1583) mendeskripsikan Valak dalam bahasa inggris kuno yang berbunyi:

"Valac is a great president, and commeth abroad with angels wings like a boie, riding on a twoheaded dragon, he perfectlie answereth of treasure hidden, and where serpents may be seene, which he delivereth into the conjurors hands, void of anie force or strength, and hath dominion over thirtie legions of divels."

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini