Ini Fitur Samsung Soundbar HW J8501R dan Wireless Audio 360

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2016 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 17 57 1417856 ini-fitur-samsung-soundbar-hw-j8501r-dan-wireless-audio-360-gNTmbsrpMI.jpg Ini Fitur Samsung Soundbar HW J8501R dan Wireless Audio 360. (Foto: Moch. Prima Fauzi/Okezone)

JAKARTA - Samsung memperkenalkan dua produk elektronik terbaru di bidang audio yakni Samsung Soundbar HW J8501R dan Wireless Audio 360 di Hotel Indonesia, Kamis (16/6/2016) yang sekaligus sebagai ajang berbagi pengalaman menggunakan alat tersebut bersamaan dengan Samsung Curved SUHD TV.

Soundbar sendiri dikatakan merupakan perangkat audio video yang dirancang Samsung Audio Lab di California, Amerika Serikat. Bentuknya, memanjang dengan lengkungan yang mengikuti bentuk dari TV SUHD Samsung. Di dalamnya, terdapat sembilan speaker dengan amplifier yang bekerja secara masing-masing, sehingga diklaim memiliki suara yang jernih dan akurat berkat clear cinematic soundscape.

Sedangkan Wireless Audio 360, merupakan speaker berbentuk tabung dengan tombol capacitive di atasnya sebagai pengontrol volume suara. Sedangkan untuk berlanjut ke track selanjutnya, pengguna cukup menggeserkan atau menyapu jarinya ke kiri atau kanan.

Seperti namanya, perangkat tersebut dapat terhubung melalui sambungan nirkabel dengan koneksi bluetooth maupun WiFi. Sedangkan kualitas suaranya sendiri dikatakan memiliki omni-directional yang dapat memberikan suara yang seimbang di posisi manapun serasa dikelilingi oleh musik latar. Wireless Audio 360 memiliki dua varian jenis yakni R3 dan R1. Kedunya memiliki ukuran yang berbeda dimana R1 memiliki ukuran yang lebih kecil.

Dengan koneksi wireless, kedua perangkat tersebut dapat terhubung melalui aplikasi Samsung Wireless Audio Multiroom, sehingga pengguna dengan mudah dapat mengontrol volume suara ataupun perintah lainnya seperti menonton film atau mendengarkan musik secara streaming.

Berdasarkan pengalaman Okezone saat mendengar suara dari kedua perangkat tersebut, hasilnya terbilang jernih dan menghasilkan suara yang terdengar mengelilingi seluruh ruangan. Meski tidak dikhususkan untuk musik berjenis dubstep dengan dentuman bass yang menonjol, namun suara yang dihasilkannya cukup nyaring dan jelas.

Peralihan minat konsumen dari perangkat Home Theater ke perangkat Soundbar dikatakan memiliki peningkatan yang cukup signifikan. Diprediksi, peningkatan tersebut akan berlanjut hingga 2017, yang semula berada di 3,4 juta unit di tahun ini menjadi 4,3 juta unit di tahun berikutnya.

"Tren konsumen sendiri secara gobal, saat ini terus memiliki peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari data peralihan Home Theater ke Soundbar, yang diprediksi akan naik terus dibandingkan tren Home Theater. Dari tahun 2016 ini, perolehannya mencapai 3,4 juta unit sedangkan di tahun mendatang akan naik menjadi 4,3 juta unit. Sementara Home Theater sendiri yang semula mendapatkan 2,1 juta unit akan turun menjadi 1,5 juta unit," ungkap Harris Pranata, AV Production Marketing Manager PT Samsung Elctronics Indonesia.

Untuk harga, Samsung Soundbar HW J8501R dibanderol seharga Rp10 juta dan speaker Wireless Audio 360 dibanderol seharga Rp2,99 juta untuk varian R3 dan Rp2,29 juta untuk varian R1.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini