Perusahaan Pembuat 'Clash of Clans' Dipinang Tencent

Dini Listiyani, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2016 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 22 207 1422022 perusahaan-pembuat-clash-of-clans-dipinang-tencent-YFhMMYCJPN.jpg Perusahaan Pembuat Clash of Clans Dipinang Tencent (Foto: Reuters)

BEIJING – Gaming group terbesar asal China, Tencent Holding, membeli sebagian besar saham pembuat mobile game ‘Clash of Clans’ yakni Supercell dari SoftBank Group Corp. Tencent meminang pembuat ‘Clash of Clans’ dengan mahar USD8,6 miliar.

Pembelian tersebut akan memperluas kepentingan Tencent di luar negeri, karena grup media sosial dan video game asal China ini masih mengandalkan pasar dalam negeri, meskipun mereka memiliki saham di berbagai studio asing seperti Epic Games dan Riot Games.

Perusahaan pembuat game asal Finlandia, Supercell, akan mendapat dukungan Tencent untuk lebih agresif ke pasar game online China. Dari pembelian itu, Tencent memperoleh sekira 84,3 persen saham Supercell melalui konsorsium yang dimiliki sepenuhnya, termasuk 72,2 persen saham SoftBank, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (22/6/2016).

Penjualan ini merupakan salah satu yang terbesar dalam dunia game. Konsorsium akan membuka co-investor, meskipun Tencent mengharapkan untuk mempertahankan 50 persen hak suara.

Selain ‘Clash of Clans’, Supercell juga menciptakan ‘Boom Beach’ dan ‘Hay Day’, serta beberapa game yang sukses dan mendapatkan pendapatan dari pembelian dalam game, sehingga membantu perusahaan terhindar dari masalah seperti yang dihadapi rivalnya, Rovio.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini