nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aplikasi Ini Permudah Belajar Coding

Arsan Mailanto, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2016 21:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 06 22 207 1422700 aplikasi-ini-permudah-belajar-coding-413vTnySnn.jpg CodeSaya (Foto: Istimewah)

JAKARTA - Pentingnya pemrograman dan masih kurangnya pembelajaran terkait hal tersebut dalam Bahasa Indonesia menggerakkan Ganis Zulfa Santoso untuk meluncurkan CodeSaya.com pada 2013.

Untuk mempermudah belajar coding, CodeSaya tidak memerlukan penggunanya untuk melakukan instalasi di komputernya, tetapi langsung coding di browser.

PR Director CodeSaya, Wina Minaputri mengatakan, proses coding langsung ini adalah yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

"Untuk menyemangati pengguna dalam belajar, di CodeSaya diadakan sistem permainan di mana pengguna mendapatkan poin dan lencana dalam menyelesaikan soal-soal," ujarnya.

Wina mengatakan, setiap minggunya juga diadakan penghargaan bagi coder terbaik dalam mengerjakan soal dan aktif dalam komunitas. Komunitas pun berjalan dengan aktif dan bersahabat di mana penggunanya saling membantu dan menyemangati satu sama lain.

Menurutnya, saat pertama kali berdiri, CodeSaya hanya memiliki kelas JavaScript. Namun, sekarang sudah ada 3 tambahan kelas lainnya yaitu Python, PHP, dan Git.

"Kelas lainnya direncanakan akan ditambah sesuai dengan kebutuhan pengguna dan industri," ungkap Wina melalui keterangan resminya kepada Okezone, Selasa (22/6/2016).

Belajar di CodeSaya gratis sepenuhnya, bahkan tanpa perlu daftar sama sekali. Sehingga CodeSaya cukup disambut baik oleh masyarakat. "Sejak berdiri, tercatat sudah lebih dari 100 ribu orang di Indonesia dan sekitarnya yang mampir di CodeSaya untuk menimba ilmu," kelakarnya.

Hingga saat ini sudah lebih dari 1 juta code yang tersimpan di CodeSaya dari anggota yang terdaftar. "Saya berharap dengan hadirnya CodeSaya, akan semakin banyak tumbuh programmer handal dari bumi pertiwi yang dapat membantu membangun bangsa Indonesia," pungkas Wina.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini