Pesawat Eksperimental Solar Impulse 2 Berhasil Lalui Atlantik

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2016 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 23 56 1423592 pesawat-eksperimental-solar-impulse-2-berhasil-lalui-atlantik-T85ReoNbgf.jpg Solar Impulse 2 (foto: Vox)

SEVILLA - Pesawat bertenaga surya Solar Impulse 2 telah berhasil menyeberangi Samudera Atlantik. Pesawat eksperimental ini lepas landas dari New York pada Senin pagi dan tiba di Sevilla, Spanyol hari ini waktu setempat.

Selama perjalanan, pilot pesawat Bertrand Piccard ini mengaku sangat takjub akan keindahan Atlantik. Namun terkadang, ia juga merasa waswas jika mesin pesawat tiba-tiba berhenti.

"Setiap menit adalah ketegangan dan fakta aku bisa melayang tanpa bahan bakar atau polusi selama empat hari empat malam adalah sesuatu yang sangat baru," katanya.

Menurut Bertrand, penerbangan ini tidak dimaksudkan untuk menunjukkan masa depan penerbangan, namun ditujukan untuk menyebarkan kampanye solar energi ke seluruh dunia.

Penerbangan ke Sevilla selama empat hari ini adalah bagian tersulit dari misi keliling dunia Solar Impulse 2. Misi ini dimulai dari Abu Dhabi tahun lalu dan direncanakan berakhir di tempat yang sama.

Setelah Sevilla, Solar Impulse 2 akan terbang menuju Yunani. Demikian seperti dikutip dari The Verge, Kamis (23/3/2016).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini