nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenalan dengan SpotMini, Robot Anjing Asisten Rumah Tangga

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Senin 27 Juni 2016 16:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 06 27 56 1426470 kenalan-dengan-spotmini-robot-anjing-asisten-rumah-tangga-56kcNxmOEU.JPG Kenalan dengan SpotMini, Robot Anjing Asisten Rumah Tangga (Foto: Boston Dynamic)

BOSTON – Pernahkah Anda membayangkan hidup di sebuah rumah dan dibantu oleh robot anjing untuk mencuci piring kotor? Boston Dynamics baru saja memperkenalkan robot anjingnya yang bisa mewujudkan bayangan tersebut menjadi nyata. 

Robot anjing yang memiliki empat kaki tersebut dinamai ‘SpotMini’. Ia bisa melakukan perintah sesuai permintaan tuannya termasuk mencuci piring atau mengambilkan barang. 

Di bagian leher dan kepala, SpotMini memiliki lengan robot dan tangan yang dapat memanipulasi objek, serta mengambil dan membawa barang. Meskipun seperti yang terlihat di video, dia belum menguasai banyak hal, secara keseluruhan SpotMini seperti balita manusia yang disilangkan dengan bentuk anjing yang terlalu besar. SpotMini bisa menjadi robot pembantu atau pelayan yang kita inginkan. 

Menurut informasi dari Boston Robotika, berat SpotMini hampir 3 kg. Dia digerakkan oleh listrik (tidak ada hidrolik) dan bisa bertahan selama sekira 90 menit dalam sekali pengisian, tergantung pada apa yang dilakukannya. Robot anjing ini memiliki berbagai sensor, termasuk deep camera, lang solid state (IMU), dan sensor proprioception pada tungkai. Sensor ini membantu navigasi dan manipulasi mobile.

Boston Dynamics juga menyebutkan bahwa SpotMini adalah robot paling tidak berisik yang pernah dibangunnya. Meski bias meski bisa melakukan tugasnya secara otomatis, namun terkadang SpotMini juga masih membutuhkan tuntunan manusia.

Sekadar informasi, Boston Dynamics merupakan perusahaan yang dibeli Google pada 2013. Kendati demikian, Alphabet yang merupakan induk perusahaan Google, dikabarkan ingin menjual robot seperti Atlas karena diduga tidak mendatangkan banyak uang.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini