Empat Keunggulan Pesawat Eletrik Dibandingkan Konvensional

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Senin 04 Juli 2016 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 56 1429792 empat-keunggulan-pesawat-eletrik-dibandingkan-konvensional-5mq2DZHGDj.jpg Pesawat X 57 (foto:NASA)

JAKARTA - NASA kini tengah mengembangkan pesawat bertenaga listrik pertama yang dinamakan X-57. Proyek ini merupakan ambisi NASA untuk membuat pesawat ramah lingkungan.

Dibandingkan pesawat konvensional yang menggunakan mesin jet, pesawat elektrik memiliki banyak manfaat. Berikut merupakan empat kelebihannya, seperti diwartakan oleh Business Insider.

Lima Kali Lebih Efisien

Di tiap sayap X-57 dipasangkan enam motor listrik. Dengan menggunakan motor listrik, sayap dapat membelah angin lebih baik. "Teknologi motor listrik merevolusi desain pesawat," kata Sean Clarke, ilmuwan NASA.

Hemat Bahan Bakar

Avtur adalah salah satu pengeluaran terbesar sebuah maskapai penerbangan. Dengan menggunakan pesawat elektrik, biaya operasi dapat ditekan hingga 30 persen dari biasanya.

Lebih Cepat

X-57 dapat meluncur pada kecepatan 175 mil per jam, hal ini dibantu dengan desain sayap yang lebih ramping. Sayap ramping, memungkinkan kinerja tinggi dalam hal kecepatan.

Tidak Berisik dan Ramah Lingkungan

X-57 meniadakan mesin pembakaran yang biasa digunakan di pesawat. Hal ini berarti, mesin dapat berjalan tanpa menimbulkan suara berisik. Selain itu, pesawat ini tidak menimbulkan emisi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini